Waspada Sirup Kurnia Palsu Beredar di Pasaran Menjelang Lebaran. Ini Cara Membedakannya.

Waspada Sirup Kurnia Palsu Beredar di Pasaran Menjelang Lebaran. Ini Cara Membedakannya.

Minuman sirup telah menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, terutama untuk hidangan berbuka puasa dan suguhan saat Idul Fitri. Sayangnya, ada oknum yang memalsukan produk sirup.


Beberapa merek sirup ternama menjadi korban pemalsuan oknum tak bertanggung jawab. Salah satunya, Sirup Kurnia cap Patung Liberty. Terkuaknya peredaran Sirup Kurnia palsu ini setelah adanya laporan dari masyarakat. Mereka mengaku, mengonsumsi Sirup Kurnia dengan rasa berbeda. Terasa seperti minyak spirtus dan aromanya aneh.


Perbedaan lainnya antara Sirup Kurnia asli dan palsu, yaitu warna dan kadar kekentalan sirup. Sirup palsu berwarna merah tapi encer. Diduga air yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu. Warna merah sirup palsu pun dicurigai memakai zat pewarna.



Menurut pihak management PT Kurnia Aneka Gemilang selaku produsen sirup Kurnia, sepintas perbedaan sirup Kurnia asli dan palsu tidak terlalu terlihat. Namun bila diteliti ada perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan ini bisa menjadi pegangan Anda saat hendak membeli Sirup Kurnia agar jangan sampai salah beli yang palsu.


1. Perbedaan pada segel tutup botol (kop seal).


Sirup Kurnia asli memiliki segel tutup botol (kop seal) berlogo patung berwarna keemasan.


2. Perhatikan keterangan produksi.


Pada label produksi tercantum informasi SNI, keterangan BPOM, MUI, dan nomor register.


3. Pahami perbedaan eticard (label) pada botol.


Label (eticard) yang melekat di tubuh botol dilengkapi keterangan produksi dari PT Kurnia Aneka Gemilang, bukan produksi perusahaan lain.


4. Perhatikan warna serta kadar kekentalan sirup.


Sirup palsu berwarna merah tapi encer, tidak menggunakan gula asli.


Peredaran Sirup Kurnia Palsu terjadi selama lima tahun terakhir. Peredarannya marak menjelang hari raya keagamaan, tahun baru, dan imlek.


Head Mareketing PT Kurnia Aneka Gemilang selaku produsen sirup Kurnia, Utomo SE, mengakui temuan ini terkuak setelah adanya laporan dari masyarakat yang merasakan ketidaknyamanan saat mengkomsumsi sirup palsu. “Sirup palsu itu memiliki aroma tidak sedap dan berasa seperti minyak spirtus”,ujar Utomo


Utomo menduga pelaku pemalsu sirup merupakan orang yang paham tentang pemasaran. Karena pelaku bisa memanfaatkan kondisi keterbatasan pemasokan sirup kurnia asli ke pasar, untuk menciptakan sirup palsu demi keuntungan pribadi. “Saya yakin dia orang pemasaran karena dia pintar memanfaatkan situasi,” ucapnya.


Sumber : Waspada Sirup Kurnia Palsu Beredar di Pasaran Menjelang Lebaran. Ini Cara Membedakannya.
Waspada Sirup Kurnia Palsu Beredar di Pasaran Menjelang Lebaran. Ini Cara Membedakannya. Waspada Sirup Kurnia Palsu Beredar di Pasaran Menjelang Lebaran. Ini Cara Membedakannya. Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:12 AM Rating: 5
Powered by Blogger.