Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Siantar

Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Siantar

Jika Anda berkunjung ke Kota Siantar, Anda pasti sudah tak asing mendengar makanan Roti Ganda dan Kopi Koktong. Kedua kuliner itu pun kerap dijadikan sebagai oleh-oleh, untuk dibawa pulang ke rumah, untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat. Namun, Anda yang perlu tahu bahwa ada satu lagi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Siantar, yakni roti ketawa.


Walapun di daerah lain juga ada, namun roti ketawa dari Siantar dikenal konsisten sejak tahun 1980-an. Pemasarannya pun, seperti halnya Roti Ganda, dibuat langsung di tokonya.


Mengapa disebut roti ketawa? Karena roti ini ketika digoreng menjadi mekar yang akhirnya membelah. Mungkin agar gampang menandainya, roti ini pun disemat dengan nama roti ketawa


Sedikitnya ada dua toko roti ketawa di Siantar. Yang pertama ada di Jalan Sanganawaluh, tepat di depan persimpangan menuju Sambo. Yang lainnya ada di Jalan Medan, di dekat Simpang Rambung Merah.


Pemiliknya adalah Heny boru Sembiring (38)usaha ini sudah dilakoni Heni sejak 4 tahun terakhir.


"Roti ketawa kami ini sudah jalan jalan kemana mana. Mulai dari Malaysia hingga ke Amerika,"ucap Heny yang mengaku mendalami ilmu membuat roti ketawa dari internet.


Yang membuat beda roti ketawa punya Heny dengan tempat lainnya adalah variasi rasanya. Saat ini Heny memiliki 3 jenis rasa, yaitu rasa pandan, cokelat dan original.


Roti ketawa pandan warna khasnya hijau, sementara cokelat warnanya cokelat karena memang menggunakan tepung cokelat. Apa pun rasanya, dibagian luar roti semuanya diselimuti biji wijen.


Jika sedang musim durian, ia menyediakan roti ketawa rasa durian. Rasa durian tidak ada setiap hari mengingat harga durian yang mahal.


Bahan untuk membuat roti ketawa adalah tepung, mentega, gula, telur dan pengembang. "mirip membuat bolu nya kak,"ucap Heny. Bedanya adonan itu dimasak dengan cara digoreng. Roti ketawa Pelangi memiliki rasa yang khas. Gurih dan tidak bikin eneg.


Heny menyediakan roti ketawa dengan dalam ukuran besar, sebesar bola pimpong, juga roti ketawa sebesar kelereng. Untuk yang besar satu buah harganya Rp1000. Sementara ukuran kelereng perkilo dijualnya Rp40.000


Sumber : Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Siantar
Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Siantar Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Siantar Reviewed by Info Medan Terlengkap on 8:44 AM Rating: 5
Powered by Blogger.