Awas, Gunung Sinabung Meletus Setiap Hari

Awas, Gunung Sinabung Meletus Setiap Hari

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengungkapkan bahwa saat ini dari total 127 gunung di Indonesia, setidaknya ada 69 gunung berapi di Indonesia yang masih aktif dan selalu dipantau terus menerus.


“Kami punya 127 gunung api aktif tapi yang kami amati secara terus menerus itu ada 69, kita pantau secara terus menerus,” kata Kasbani, di Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang, Minggu (11/6).


Dari 69 gunung tersebut, rata-rata dalam setahun terdapat 20 gunung berstatus diatas level 1 (normal). Artinya, berada di level 2 (siaga), level 3 (waspada) dan level 4 (awas).


“Saat ini dari gunung-gunung itu yang level 4 (awas) ada satu, yaitu Gunug Sinabung, yang level 3 (siaga) kosong dan level 2 (waspada) ada 17,” ujarnya.


Kasbani menuturkan, sampai hari ini Gunung Sinabung sedang erupsi dan meletus tiga sampai lima kali dalam satu hari dan sesekali mengeluarkan aliran awan panas mencapai 2 sampai 4 KM.


Untuk daerah Gunung Sinabung, sudah dilakukan tanda bahaya dan tidak boleh ada aktivitas manusia di zona tertentu, yaitu 3 Km dari puncak, ditambah sektoral arah selatan 7 Km, ke arah tenggara 6 Km, dan ke arah timur 4 Km.


Dikutip dari merdeka.com, Kasbani menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan relokasi dan sosialisasi kepada warga di area tersebut.


“Itu yang tidak boleh ada aktivitas disitu. sangat berbahaya adanya awan panas dan setiap hari erupsi,” tuturnya.


Sumber : Awas, Gunung Sinabung Meletus Setiap Hari
Awas, Gunung Sinabung Meletus Setiap Hari Awas, Gunung Sinabung Meletus Setiap Hari Reviewed by Info Medan Terlengkap on 4:59 PM Rating: 5
Powered by Blogger.