Kapolda Sumut Diberi Penghormatan di Akpol

Kapolda Sumut Diberi Penghormatan di Akpol

Gerbang utama Akademi Polisi (Akpol) Semarang di­kawal ketat sejumlah polisi. Iring-iringan mobil yang membawa Kapolda Sumut Irjen Pol Dr Rycko Amelza Dahniel beserta istrinya Hj Ningrum dan rombongan me­masuki gapura Akpol, Minggu (11/6).


Begitu turun dari mobil, penyambutan kepada Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel digelar Jajaran Kehormatan Taruna Akpol. Penyambutan ini dalam rangka persiapan serah terima jabatan Gubernur Akpol yang baru. Pasalnya, pasca tewasnya taruna Akpol, Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung mengganti pejabat di lingkungan akademi.


Terakhir, sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1408/VI/2017, Gubernur Akpol Irjen Pol Anas Yusuf dimutasi dari jabatan­nya. Ia dipindahkan ke Bidang Pem­binaan Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri sebagai Analis Kebijakan Utama. Semen­tara jabatan Gubernur Akpol diserahkan kepada Irjen Rycko Amelza Dahniel.


Acara penyambutan dirangkai dengan penyalaan obor Dian Tri Brata oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, pelaporan Stick­master, Gordon dan pemukulan gong. Usia pemukulan gong, Rycko dan rom­bongan bergerak menuju ruang pertemuan VIP di gedung utama. Tampak Rycko dan beberapa pejabat tinggi Polri berdiskusi.


Tak berapa lama, Rycko dan para jajaran naik ke lantai dua memasuki ruang tele­konferensi guna mendengar pemaparan la­poran kesatuan oleh Gubernur Akpol Irjen Pol Anas Yusuf kepada Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel. Pemaparan ini ter­tu­tup bagi pers. Usai mengambil gambar, media diminta untuk menunggu di luar ruangan.


Sesui agenda, usai pemaparan laporan Gu­bernur Akpol, dilanjutkan dengan rapat pari­purna Bhayangkari Cabang 04 BS Akpol. Setelah acara resmi ini kelar, barulah ber­buka puasa bersama sekaligus bersantap malam, dilanjutkan salat.


Dalam paparan laporan kesatuan dari Gubernur Akpol Irjen Pol Dr Anas Yusuf kepada Irjen Pol Dr Rycko Amelza Dahniel, tersua sejumlah rekomendasi untuk pengem­bangan Akademi Kepolisian (Akpol).


Hal-hal yang direkomendasikan antara lain, perlu dijalin kerja sama antara Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri dengan Kemenristek tentang sertifikasi do­sen. Rekomendasi lainnya, setiap pengasuh yang ditempatkan di Akpol perlu melalui assesment pengasuhan Taruna terlebih dahulu.


Hal lain yang direkomendasikan berupa revitalisasi Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Polri secara keseluruhan khususnya di lingkungan Korps Pembinaan Taruna dan Siswa. Begitu juga dengan lembaga penjamin mutu (LPM) sebagai suatu syarat perguruan tinggi perlu segera dikukuhkan.


Tak ketinggalan, pemenuhan norma in­deks honor pengasuh, pemenuhan kebu­tuhan sarana dan prasarana di bidang pe­ngasuhan dan pengkelasan asrama masing-masing angkatan perlu dilakukan.


Tak lupa, Anas Yusuf juga memaparkan sekilas infor­masi seputar kondisi teranyar Akpol, khususnya terkait pendidikan yang tengah berlangsung. Mendengar laporan serta rekomendasi itu, Rycko Amelza Dahniel menyambut baik dan menyatakan akan segera mempelajarinya. "Terima kasih atas laporan kesatuan ini. Laporan ini akan saya pelajari dan jadikan acuan dalam memimpin Akpol," ucapnya.


Meski begitu banyak masyarakat, harapan organisasi dan harapan pimpinan Polri, Rycko mengaku siap men­jalankan tugasnya sebagai Gubernur Akpol bersama-sama dengan semua pejabat.


Selesai paparan laporan kesatuan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, yang dihadiri oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol Moechgiyarto SH MHum.


Diberitakan sebelumnya, pasca tewasnya taruna Akpol, Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung mengganti peja­bat di lingkungan akademi. Gubernur Akpol Irjen Pol Anas Yusuf dimutasi dari jabatannya ke Bidang Pembinaan Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri sebagai Analis Kebijakan Utama. Pergeseran posisi Anas tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1408/VI/2017.


Sementara jabatan Gubernur Akpol diserahkan kepada Irjen Rycko Amelza Dahniel yang masih menjabat sebagai Kapolda Sumut. Serah terima jabatan Gubernur Akpol akan dilangsungkan pada Senin (12/6)


Sumber : Kapolda Sumut Diberi Penghormatan di Akpol
Kapolda Sumut Diberi Penghormatan di Akpol Kapolda Sumut Diberi Penghormatan di Akpol Reviewed by Info Medan Terlengkap on 12:56 AM Rating: 5
Powered by Blogger.