Tiga Siswa SMK Raksana Medan Ciptakan Mobil Bertenaga Gas

Tiga Siswa SMK Raksana Medan Ciptakan Mobil Bertenaga Gas

Prestasi membanggakan dicetuskan tiga siswa SMK Raksana 1 Medan. Mereka menciptakan teknologi mobil berbahan gas. Hanya menggunakan gas elpigi tiga kilogram, mobil buatan siswa SMK Raksana 1 ini bisa berjalan untuk pemakaian 150 kilometer.


Mereka adalah Viki Ramadan, Sigit Trihandoko, dan Verawati, siswa kelas 3 SMK Raksana 1 yang sudah menjuarai Juara 1 Nasional Inovasi Teknologi Mobil Bahan Bakar Gas. Juara 1 tingkat provinsi tahun 2013 TKR Inovasi Mobil Bahan Bakar Gas.


Viki Ramadan menuturkan, tidak ada persiapan khusus, pasalnya sejak masuk sudah dipersiapkan untuk memiliki ide kreatif untuk menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan.


"Jadi praktik hampir setiap hari, maka tercetus ide ini. Untuk merealisasikan mobil bertenaga gas elpigi ini bukan tanpa tantangan, karena banyak referensi, masukan dan bimbingan yang diberikan guru mata pelajaran sehingga kami dengan kerja keras dan merealisasikan mimpi kami dan mengikutsertakan karya tersebut pada beberapa lomba. Jadi sebenarnya untuk praktik sekolah, tapi berkat dukungan sekolah maka dikembangkan terus untuk lomba," jelasnya.


Verawati, kelas 3 SMK Raksana 1 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, menuturkan, bangga menjadi satu-satunya wanita dalam tim yang berhasil menjuarai tim ini dalam membuat karya Mobil Berteknologi Gas.


"Awalnya mungkin banyak yang tidak percaya dan tidak mendukung, tapi saya pantang menyerah menggeluti bidang ini dan terus berinovasi. Saya hampir setiap hari mengotak-ngatik mesin di bengkel. Walaupun tidak ada praktik kelas, saya belajar berinovasi di bengkel tersebut.


Bersyukur saya memiliki tim yang juga memiliki kerja keras yang tinggi, maka hari-hari di bengkel sekolah adalah hal yang biasa, baik mempersiapkan karya untuk lomba atau hanya sekadar untuk tugas dan kepuasan diri sendiri," tambahnya.


Sumber : Tiga Siswa SMK Raksana Medan Ciptakan Mobil Bertenaga Gas
Tiga Siswa SMK Raksana Medan Ciptakan Mobil Bertenaga Gas Tiga Siswa SMK Raksana Medan Ciptakan Mobil Bertenaga Gas Reviewed by Info Medan Terlengkap on 8:05 AM Rating: 5
Powered by Blogger.