Warga Medan Sedih, Irjen Rycko Tinggalkan Polda Sumut

Warga Medan Sedih, Irjen Rycko Tinggalkan Polda Sumut

Masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kota Medan merasa sedih atas mutasi jabatan yang dikeluarkan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, terhadap Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Pasalnya belum lagi genap setahun menjabat Rycko dipindahtugaskan menjadi Gubernur Akademi Polisi (Akpol) Lemdiklat Polri.


“Kok cepat sekali Kapolda dimutasi. Belum lagi setahun, kan jabatannya bisa diperpanjang,” ungkap Rio salah seorang warga yang mengaku sedih mengetahui pergantian pucuk pimpinan di Polda Sumut, Minggu (4/6).


“Teduh hati kita melihat beliau (Rycko-red). Dia sahabat semua warga Sumut,” sambung pemuda yang bermukim di Jalan Denai tersebut.


Mutasi terhadap pria bersahaja dan mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan 109 perwira tinggi dan perwira menengah Mabes Polri lainnya yang tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri No.ST/1408/2017 tanggal 2 Juni 2017.


“Masyarakat Sumatera Utara bakal kehilangan dan merindukan sosok Kapoldasu seperti Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel,” ujar Teguh yang juga mengaku sedih atas pergantian jabatan Kapolda Sumut tersebut.


Sementara itu, Irjen Rycko Amelza, saat dikonfirmasi membenarkannya. “Mohon doanya, agar dapat melaksanakan amanah dengan istiqomah,” jawabnya via WhatsApp.


Selama menjabat di Polda Sumut, Irjen Rycko memang berhasil membuat banyak terobosan, diantaranya meluncurkan aplikasi “Polisi Kita Sumut”, sebuah aplikasi sistem pelaporan aduan dari masyarakat ke polisi secara digital. Ia juga membenahi internal Polda Sumut, memberantas sejumlah bandar narkoba.


Sedikitnya 11 bandar narkoba mati ditembak anggotanya. Ia juga membangun koordinasi dengan sejumlah lembaga lain dalam menguatkan upaya penegakan hukum. Di masa baktinya, daerah pesisir Pantai Timur diperketat, sehingga puluhan TKI ilegal berhasil digagalkan dari upaya penyelundupan. Termasuk human trafficking bisa ditekan.


“Kita bersih-bersih ke dalam dan hajar ke luar,” begitu semboyannya terkait pembenahan internal polisi tersebut.


Diketahui, Irjen Pol Paulus Waterpauw ditunjuk Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, menggantikan Kapolda Sumut yang saat ini dijabat Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Promosi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1408/VI/2017. Jabatannya diembankan kepada Irjen Pol Paulus Waterpauw yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri


Sumber : Warga Medan Sedih, Irjen Rycko Tinggalkan Polda Sumut
Warga Medan Sedih, Irjen Rycko Tinggalkan Polda Sumut Warga Medan Sedih, Irjen Rycko Tinggalkan Polda Sumut Reviewed by Info Medan Terlengkap on 11:25 PM Rating: 5
Powered by Blogger.