Wisata Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Wisata Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Sumatera Utara tak hanya punya Air Terjun Sipiso-piso yang cantik. Tepatnya di Kabupaten Karo, ada Air Terjun Sikulikap yang tak kalah mempesona untuk dikunjungi traveler akhir pekan ini.


Air Terjun Sikulikap atau Sampuren Sikulikap menurut penduduk sekitar adalah sebuah air terjun eksotis yang cantik. Tetapi sayangnya air terjun ini sudah mulai ditinggalkan wisatawan. Air Terjun Sikulikap berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.



Tepatnya berada di bawah Panatapan, sebuah tempat wisata kuliner bagi anak Medan dan sekitarnya yang ada di Berastagi. Tempat ini menyediakan tempat nongkrong, ngopi dan makan jagung bakar serta dapat melihat pemandangan bukit-bukitnya yang indah begitu juga dengan monyet Gibbon.



Untuk masuk kelokasi Air Terjun Sikulikap, kita dapat mengikuti petunjuk arah sebagai berikut : tepat di gerbang perbatasan sebelum warung jagung pertama di penetapan, kita dapat melihat pintu gerbang masuk untuk menuju ke objek wisata Air terjun Sikulikap, Karena akses menuju lokasinya hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki, maka bagi pengunjung yang mengendarai kenderaan pribadi dapat memarkirkan kenderaannya pada warung jagung pertama di daerah Penatapan.


Disamping Air Terjun Sikulikap terdapat dinding-dinding batu yang cadas, dulu tempat ini sering dijadikan ajang Climbing atau Panjat tebing oleh para pecinta Alam. Serta anda juga bisa melakukan kegiatan Barbekyu di tempat ini. Namun disayangkan, entah mengapa tempat ini Air Terjun Sikulikap mulai dilupakan oleh orang banyak. Padahal Air terjunnya sangat bagus, indah serta menawan.



Sayangnya keberadaan dan potensi keindahan objek wisata Air Terjun Sikulikap ini mulai terbaikan. Hal ini dapat dilihat dari akses menuju lokasi yang kurang dioptimalkan dan dijaga kebersihannya. Disepanjang jalan banyak terdapat sampah-sampah bekas makanan dan minuman yang berserakkan. Yang lebih parah dibeberapa bagian jalan terdapat pagar pembatas jalan dengan jurang yang rusak dan roboh.


Baca juga Wisata Air Terjun Efrata di Samosir


Hal ini harus diperhatikan agar tidak sampai mengambil korban jiwa. Bahkan keberadaan objek wisata Air Terjun Sikulikap ini kalah populer dengan kawasan persinggahan Penatapan itu sendiri. Padahal dahulunya Air Terjun Sikulikap ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer di Berastagi. Seiring waktu objek wisata ini mulai ditinggalkan dan dilupakan oleh wisatawan karena semakin banyaknya tempat wisata baru yang lebih modern dan menghibur.



Dibutuhkan Promosi kembali akan indahnya Air Terjun Sikulikap ini, serta perhatian dari pemerintah daerah untuk melestarikan keberadaan air terjun ini karena Air Terjun Sikulikap merupakan Objek Wisata Alam di Kabupaten Karo yang wajib anda kunjungi


Sumber : Wisata Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi
Wisata Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi Wisata Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:48 AM Rating: 5
Powered by Blogger.