DPRD Medan Pesimis Dinas PU Mampu Perbaiki jalanan di Medan 100 Persen

DPRD Medan Pesimis Dinas PU Mampu Perbaiki jalanan di Medan 100 Persen

Dengan anggaran Rp1.040.899.738.500 di Dinas Pekerjaan Umum (PU) tahun anggaran 2017, Dinas PU Kota Medan optimis mampu memperbaiki jalan rusak di Kota Medan yang diklaimnya tinggal 20 persen lagi. Sayangnya, anggota DPRD Medan pesimis bila Dinas PU mampu memperbaiki 100 persen jalan rusak tersebut.


Anggota Komisi D DPRD Kota Medan, Jumadi, menilai wajar saja bila Dinas PU Kota Medan mengklaim jalan yang rusak tinggal 20 persen lagi dan mampu memperbaiki jalan rusak di Tahun 2017.


“Faktanya di lapangan, orangkan bisa melihat sendiri berapa banyak jalan yang rusak. Mau dibilangnya tinggal 20 persen lagi, itu hak mereka. Tapi masyarakatkan bisa menilai,” ucapnya usai kunjungan kerja (Kunker) Komisi D DPRD Kota Medan ke Kantor Dinas PU, Medan, Senin (13/2).


Politisi PKS ini pun mengaku pesimis Dinas PU Kota Medan mampu memperbaiki jalan rusak di Kota Medan pada tahun ini. Mengingat, proyek pembangunan infrastruktur Dinas PU seperti perbaikan jalan dan drainase tahun anggaran 2016 masih banyak belum diselesaikan hingga memasuki awal tahun 2017.


“Inikan tinggal kemauan saja. Kalau memang Dinas PU serius, harusnya tidak ada alasan bagi Dinas PU untuk tidak bisa menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. Terlebih lagi, anggaran perbaikan jalan yang rusak itu menggunakan anggaran 2016 dan faktanya sampai 2017 belum juga selesai,” tukasnya.


Anggota Komisi D DPRD Kota Medan lainnya, Abdul Rani, mengungkapkan dengan anggaran yang cukup besar di 2017, harusnya Dinas PU Kota Medan bisa lebih giat lagi dalam memperbaiki jalan rusak di Kota Medan.


“Soalnya, tahun lalu anggaran dinas ini cuma Rp600 miliar dan tahun ini dinas tersebut sudah merubah anggarannya bertambah menjadi Rp1 triliun lebih. Ke depan, kita harus punya komitmen antara legislatif dan eksekutif agar perbaikan jalan itu bisa cepat selesai,” paparnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas PU Kota Medan, Khairul Syahnan, mengaku bahwa jalan rusak tak hanya jalan kota melainkan jalan provinsi. Bahkan Khairul Syahnan menceritakan perbaikan jalan provinsi telah dilelang namun tak kunjung diperbaiki. “Lebih dari 40 Km jalan provinsi ada di Kota Medan. Jalan ini juga sudah dilelang tapi tak kunjung diperbaiki,” kilahnya.


Mantan Sekretaris Dinas TRTB Kota Medan ini menambahkan, saat ini 80 persen jalan Kota Medan telah dalam kondisi baik. Panjang jalan Kota Medan melebihi 3000 Km dan jalan provinsi melebihi 40 Km. Pada 2017, Dinas PU memiliki anggaran melebihi Rp1 triliun. Jumlah ini sebut Syahnan tak cukup untuk menjamin seluruh jalan dalam kondisi baik.


“80 persen sudah baik. 2017 kita diberikan anggaran Rp1 triliun. Kalau ditanya cukup pasti gak cukuplah. Surabaya dan DKI Jakarta sudah habis bertriliun tapi gak cukup kok,” terangnya seolah merinci, kalau instansi masih terutang Rp25 miliar kepada pemborong ketika menjalankan program perbaikan drainase. (Sumber:waspada)


Sumber : DPRD Medan Pesimis Dinas PU Mampu Perbaiki jalanan di Medan 100 Persen
DPRD Medan Pesimis Dinas PU Mampu Perbaiki jalanan di Medan 100 Persen DPRD Medan Pesimis Dinas PU Mampu Perbaiki jalanan di Medan 100 Persen Reviewed by Info Medan Terlengkap on 11:05 PM Rating: 5
Powered by Blogger.