Singapura Tertarik Membangun LRT Medan-Binjai-Deli Serdang

Singapura Tertarik Membangun LRT Medan-Binjai-Deli Serdang

Investor Singapura berminat membangun Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan, yakni salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga tram.


“Kami berminat membangun LRT itu di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang,” sebut Principal Consultant SMRT International, Yeo Beng Lee, ketika bertemu Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di Kantor Gubernur, Kamis (20/4/2017).


Perusahaan transportasi SMRT yang mengeoprasikan mayoritas angkutan masal di Singapura ini menunjukkan keseriusan berinvestasi pembangunan angkutan massal berbasis Light Rail Transit (LRT) di kawasan Medan Binjai dan Deliserdang (Mebidang).


Yeo Beng Lee memaparkan, bahwa separuh populasi di Singapura atau 3 juta orang setiap harinya menggunakan layanan LRT atau MRT. Sebagian besar layanan angkutan masal LRT atau MRT di Singapura dioperasikan oleh dua operator dan pihaknya menjadi operator mayoritas.


“Kami sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan menjadi operator sejak tahun 1987 di Sungapura,” kata Lee.


Pada awalnya SMRT dibantu perusahaan lain dalam pembangunan, pengoperasian dan perawatan. “Sekarang sudah kita semua yang mengoperasian dan melakukan perawatan,” katanya.


SMRT juga berpengalaman sebagai penyedia layanan di bidang transportassi railsystem, bus, taxi, advertising, media dan penyewaan gedung. Lee mengatakan, pihaknya sudah ditunjuk sebagai perusahaan yang akan membangun LRT di Bandung dan saat ini sedang melalui tahapan persiapan pembangunan.


Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyambut baik ketertarikan SMRT untuk berinvestasi di Sumut. “Singapura sudah tidak diragukan lagi dalam pengelolaan transportasi massal yang modern dan terintegrasi. Ketertarikan SMRT adalah hal yang menggembirakan bagi kami,” ungkapnya. (sumber:medansatu)


Sumber : Singapura Tertarik Membangun LRT Medan-Binjai-Deli Serdang
Singapura Tertarik Membangun LRT Medan-Binjai-Deli Serdang Singapura Tertarik Membangun LRT Medan-Binjai-Deli Serdang Reviewed by Info Medan Terlengkap on 10:21 PM Rating: 5
Powered by Blogger.