Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi

Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi

Peternakan sapi tentu langka di perkotaan. Pasalnya, sapi hanya menghasilkan susu yang baik di lingkungan yang tenang.


Nah peternakan sapi yang dimaksud kali ini adalah peternakan sapi di Gundaling Farm Berastagi. Gundaling Farm agak jauh dari perkotaan atau berada di kawasan sekitar hutan lindung, yang jarang penduduk di Berastagi.


Gundaling Farm Berastagi memiliki luas 16 hektare tersebut sangat asri dan ditumbuhi tanaman bunga dan berada di kawasan kebun stroberry penduduk. Disini kamu bisa merasakan suasanan yang tenang dan tidak ada keributan seperti perkotaan.


Disini kamu bisa menikmati susu sapi asli dan segar khas Berastagi.Gundaling Farm sendiri dikelola oleh PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PT. PIMS), yang bergerak di bidang usaha peternakan sapi perah. Gundaling Farm juga satu-satunya usaha peternakan sapi di Sumatera Utara yang dikelola secara modern dan menjual hasil produksinya sendiri.


Selain itu, ada juga cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil meneguk susu segar.


Rizal, pegawai, menuturkan ada ratusan sapi yang ada di peternakan diperah setiap harinya pada pukul 16.00.


"Wisatawan bisa menyaksikan sapi dari batas pagar dan melihat proses pemerahannya dari jauh," katanya.


Menurutnya, sapi merupakan binatang yang gampang panik dan stres jika berada di kerumunan dan keributan. Sehingga peternakan berada jauh dari pemukiman. "Pengunjung juga dilarang masuk ke kandang dan melakukan pemerahan langsung. Pengunjung bisa melihat dari batas pagar yabg telah dipasang," jelasnya.


"Kami menyediakan susu segar dan susu rasa mangga, vanila, coklat dan strawberry. Kemudian aneka yogurt rasa seperti coklat, vanilla, mangga, dan anggur. Ada ukuran gelas dan botol 1 liter," katanya.



Harga susu segar murni dan susu rasa coklat, stroberry dan mocca per-cup seharga Rp4 ribu, dan perliternya Rp27 ribu. Sedangkan yogurt per-cup Rp 6 ribu dan Rp24 ribu perliternya untuk rasa vanilla dan strawberry, Rp30 ribu untuk blueberry dan Rp34 ribu untuk rasa mangga.


Susu segar dan yogurt tidak dicampur bahan kimia dan benar-benat murni susu dengan tambahan buah segar untuk susu dan yogurt rasanya.


"Karena murni tanpa campuran lain, susu hanya bisa bertahan selama 4 hari jika disimpan dalam pendingin, sedangkan yogurt bertahan selama satu bulan. Jika tidak disimpan dalam pendingin, susu dan yogurt hanya bisa bertahan dua belas jam," katanya.



Lokasi Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi


Untuk menuju kesana, kamu bisa masuk dari persimpangan kawasan penjual bunga sebelum bukit kubu, hanya beberapa meter dari simpang tugu jeruk Berastagi atau sekitar 1,5 jam dari Medan.


Dari simpang ini berjarak lima kilometer ke dalam untuk sampai ke Gundaling Farm. Dan dari simpang ini tidak ada kutipan retribusi masuk.


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat lokasi peta dibawah ini :



Fasilitas di Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi


Di Gundaling Farm ini terdapat 1 kamar mandi pria dan 2 kamar mandi wanita yang dapat digunakan secara gratis untuk pengunjung. Namun disini tidak terdapat mushola. Jika kamu ingin sholat bisa di kantor pos satpam yang memiliki tempat cukup luas.



Biaya Masuk Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi


Untuk biaya masuk, yang perlu kamu keluarkan hanyalah pembelian susu sapi. Jika kamu ingin menikmati susu sapinya, tapi selebihnya gratis mulai dari tempat parkir sampai kamar mandi yang bisa kamu pakai secara gratis. Untuk harga susu sapi sendiri, seperti susu sapi murni 1 liternya seharga Rp. 15.000. Selain susu murni sebenarnya ada juga olahan susu sapi lainnya seperti yogurt namun ketika kami datang untuk harga produk lainnya tidak ditampakkan karena sudah habis terjual sebelum kami datang.




Tips sebelum minum susu di Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi


  1. Jika ingin menikmati susu sapi dan olahannya, sangat disarankan untuk datang pada pagi hari sebelum jam 12, dikarenakan biasanya produk susu sapi sudah habis terjual oleh pengunjung yang datang lebih cepat.

  2. Sangat tidak dianjurkan untuk buang sampah sembarangan, buanglah sampah yang telah disediakan oleh pengelola.

  3. Jika anda tidak tahan bau dari sapi ada baiknya memakai masker, karena bau sapi akan terasa menyengat dikarenakan lokasi peternakan sapi tidak jauh dari area utama pintu masuk.


Sumber : Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi
Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi Reviewed by Info Medan Terlengkap on 5:05 AM Rating: 5
Powered by Blogger.