Siapa Yang Suka Seword.Com ? Situs Gudang Hoax di Indonesia

Siapa Yang Suka Seword.Com ? Situs Gudang Hoax di Indonesia

Masyarakat harus jeli dalam memilah informasi agar tak mengonsumsi berita bohong atau hoax. Saat ini, situs hoax cukup marak, seperti Seword.com.


Untuk menghindari hoax, masyarakat diimbau memiliki literasi yang tinggi. Karena saat ini, situs hoax seperti Seword.com mengemas berita bohong dengan rapi sehingga informasi tersebut rawan dianggap “benar” oleh masyarakat.


"Kesadaran literasi masyarakat kita kan masih relatif rendah. Boleh jadi karena masyarakat tidak memiliki pengetahuan lebih di bidang komunikasi. Jadi mereka telan habis itu informasi. Kadang berita dianggap kebenaran karena dikemas seolah-olah itu benar," terang pakar komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, kepada Okezone, Jumat (3/3/2017).


Padahal, menurutnya, situs-situs yang tak memiliki badan hukum resmi tersebut rentan disalahgunakan untuk memojokkan, menebar fitnah, bahkan menampilkan kebohongan di ruang publik. Sehingga, yang dikejar oleh situs-situs opini semacam itu hanyalah sensasi tanpa melalui get keeping process yang ketat.


"Itu berita opininya dibangun sedemikian rupa supaya publik menjadi percaya. Maka dari itu pencerahan-pencerahan kepada masayarakat perlu kita lakukan, kalau informasi sudah menguasai publik," kata Emrus.


Sekadar diketahui, Seword.com merupakan situs opini yang marak menyebarkan informasi bohong. Salah satunya adalah artikel berjudul “Anies Jatuh dalam Kubangan Setan”. Artikel yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya tersebut kini sudah dihapus dari laman Seword.com. (okezone.com)


Sumber : Siapa Yang Suka Seword.Com ? Situs Gudang Hoax di Indonesia
Siapa Yang Suka Seword.Com ? Situs Gudang Hoax di Indonesia Siapa Yang Suka  Seword.Com ? Situs Gudang Hoax di Indonesia Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:15 PM Rating: 5
Powered by Blogger.