Mengapa Orang Batak Cenderung Dukung Ahok ? Berikut Penjelasannya

Mengapa Orang Batak Cenderung Dukung Ahok ? Berikut Penjelasannya

Mayoritas orang Batak di Jakarta mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017. Menurut hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sebanyak 83,7 persen orang Batak di ibu kota mendukung pasangan inkumben itu.


Survei yang dilakukan pada 1-9 Oktober 2016 itu diikuti oleh 810 orang responden yang dipilih secara acak.


Dengan jumlah responden Batak sebanyak 3,5 persen atau 28 orang, berarti 6 dari 7 orang halak hita mendukung pasagan yang diusung PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem itu.



Dukungan dari Orang Batak untuk Ahok-Djarot itu bahkan paling kuat dibanding etnis lainnya, seperti Cina (71,4 persen), Jawa (51,1 persen), Sunda (37,4 persen), Betawi (33,8 persen). Empat etnis ini juga mayoritas mendukung Ahok-Djarot.


Hasil survei ini secara tidak langsung menunjukkan orang Batak rasional dalam memilih pemimpin. Meski Ahok bukan orang Batak, kinerja positif membangun Jakarta membuat banyak halak hita kepincut.


Misalnya saja, politikus Batak asal PDIP, Maruarar Sirait, yang sejak awal mendukung Ahok, bahkan sebelum partai nasionalis itu memutuskannya. Ara, sapaan pria kelahiran Medan 46 tahun silam itu, sejak awal mendukung Ahok karena memang kinerja pria keturunan Tionghoa itu dirasakan rakyat.


“Meski diserang berbagai isu SARA, elektabilitas Ahok tetap tinggi karena kinerjanya dirasakan betul oleh rakyat Jakarta. Ini bukti rakyat Jakarta rasional,” ujar Ara, sapaan akrabnya.


Sumber : Mengapa Orang Batak Cenderung Dukung Ahok ? Berikut Penjelasannya
Mengapa Orang Batak Cenderung Dukung Ahok ? Berikut Penjelasannya Mengapa Orang Batak Cenderung Dukung Ahok ? Berikut Penjelasannya Reviewed by Info Medan Terlengkap on 5:17 AM Rating: 5
Powered by Blogger.