Karimunjawa, Tempat Wisata Laut Yang Eksotis

Karimunjawa, Tempat Wisata Laut Yang Eksotis

Di Kabupaten Jepara, ada sebuah kepulauan yang terletak di tengah-tengah laut Jawa yang bernama Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan yang terdiri dari 27 pulau ini terletak sekitar 83 KM di sebelah utara Jepara. Meskipun memiliki 27 pulau, namun hanya 5 pulau saja yang berpenghuni dan dapat dihuni.


Kepulauan Karimunjawa begitu potensial akan wisatawan karena memiliki daya tarik berupa keindahan pantai dan lautnya. Pada tahun 2001, Kepulauan Karimunjawa ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia yang wajib dilestarikan dan diberdayakan.



Sejarah Kepulauan Karimunjawa Jepara


Asal muasal nama Karimun Jawa menurut masyarakat setempat berasal dari cerita guru besar agama Islam di Jawa Syekh Amir Hasan, beliau adalah putra yang nakal dari Sunan Muria dan juga murid sunan Kudus. Beliau dibuang dikarenakan “kenakalannya” ke kepulauan yang kala itu belum diberi nama.



Kepulauan tersebut apabila dilihat dari kejauhan maka terlihat samar-samar atau dalam bahasa jawa yakni kerimun-kerimun. Sering berjalannya waktu kepualauan nan indah tersebut lebih akrab disebut dengan kepulauan Karimunjawa dari asal kata Karimun = samar samar dan Jawa = pulau Jawa. Jadi bisa dibilang Kepulauan tersebut terlihat samar bila dilihat dari pulau jawa.


Ada sedikit cerita menarik menurut keyakinan penduduk setempat mengapa bandara di Kepulauan Karimunjawa dinamai dengan Bandara Dewandaru, karena apabila kamu mengambil atau membawa pulau kayu dari pohon Dewandaru, maka kapal atau pesawat yang anda tumpangi selama perjalanan pulang meninggalkan Kepulauan Karimunjawa akan tenggelam.



Keindahah Wisata Air Kepulauan Karimunjawa Jepara


Kepulauan Karimunjawa ini memiliki 90 lebih dari berbagai jenis terumbu karang laut. Selain itu kepulauan yang telah ditetapkan sebagai taman laut nasional Indonesia ini juga memiliki 240 lebih jenis Ikan. Selain itu, hutan pantai dan juga hutan mangrove juga menjadi ciri khas kepulauan ini. Anda juga bisa melihat berbagai jenis satwa seperti kera, rusa, penyu dan berbagai jenis burung lainnya.



Peta Lokasi dan Alamat Kepulauan Karimunjawa



Ketika kamu ingin berkunjung menuju ke Kepulauan Karimunjawa, maka ada 2 jalur yang bisa kamu pilih yakni jalur laut dan jalur udara.


Jika kamu memilih untuk menggunakan jalur laut, maka ada 3 pilihan kapal yang akan membawa anda menuju kepulauan Karimunjawa. Apa saja? Kapal Motor Cepat Kartini, Kapal Penumpang Muria dan Kapal Bahari Ekspress.


Untuk kapal Motor cepat kartini maka perjalanan menuju Kepulauan Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini memakan waktu 4 jam. Jika menggunakan Kapall Penumpang Muria, kurang lebih memakan waktu 5 – 6 jam juga. Namun jika kamu ingin waktu lebih cepat karena tidak sabar ingin segera menginjakkan kaki di Kepulauan Karimunjawa, maka kamu bisa menggunakan Kapal Bahari Express yang hanya memakan waktu sekitar 2 jam saja.



Ketika cuaca cerah dan kondisi mendukung maka perjalanan anda bisa tepat waktu. namun, apabila cuaca buruk maka bisa saja pelayaran ditunda karena cuaca dan ombak sangat berpengaruh pada pelayaran.


Jika anda termasuk orang yang sering mabuk laut, maka pilihan kedua bisa anda coba jika anda berminat. Yakni menggunakan pesawat terbang. Anda bisa terbang menggunakan pesawat dari maskapai Sky Aviation, Wings Air, dan juga Merpati Airlines yang terbang dari bandara Ahmad Yani Semarang dan mendarat di Bandara Dewandaru Kepulauan Karimunjawa.




Rencana Masa Depan Pengelola Kepulauan Karimunjawa :


  1. Pembangunan perkampungan rumah adat khas Jepara.

  2. Pengembangan dan Pembangunan sentra kuliner.

  3. Pembangunan kebun binatang.

  4. Pembangunan stadion mini untuk kegiatan olahraga.

  5. Peraturan penggunaan pakaian adat pada hari tertentu.

  6. Pembangunan alun-alun yang bersih dan rapi.

  7. Menyediakan fasilitas kapal selam untuk melihat terumbu karang.

  8. Pembangunan kabel fiber optik.

  9. Pembangunan kabel listrik bawah laut dari Jepara

Kegiatan Selama Berwisata di Kepulauan Karimunjawa :


  1. Snorkeling

  2. Bermain pasir

  3. Scuba diving

  4. Berenang

  5. Berkunjung ke pulau tetangga

  6. Berkeliling pulau

  7. Berjemur di pantai

  8. Melihat kehidupan nelayan

  9. Memancing

  10. Barbeque

  11. Ziarah makam

  12. Penangkaran hiu

  13. Menikmati matahari tenggelam

  14. Berfoto-foto

  15. Api unggun

  16. Trekking hutan mangrove

Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Karimunjawa :


  1. Desa Kemojan

  2. Legon Lele

  3. Pantai Batu Karang Pengantin

  4. Pulau Menjangan Besar

  5. Pantai Barakuda

  6. Pantai Nirwana

  7. Pulau Kemojan

  8. Pantai Ujung Gelam

  9. Clarksmann Traditional Culinary

  10. Pulau Cemara Kecil

  11. Pulau Tengah

  12. Alun-Alun Karimunjawa

  13. Pulau Cemara Besar

  14. Pulau Menjangan Kecil

  15. Karimunjawa Culinary Centre

  16. Pulau Geleang

  17. Pulau Kecil

Daftar Paket Murah Wisata Karimunjawa :


  • Paket Backpacker Karimunjawa

  • Paket Nirwana Resort Karimunjawa

  • Menjangan Kecil Resort Kampung Bule Karimunjawa

  • Paket Homestay Karimunjawa

  • Paket Hotel Karimunjawa

  • Karimunjawa Blue Lagunan Inn Hotel

  • Paket Wisma Apung Karimunjawa

  • Paket Karimunjawa Escape Hotel

Nah itulah info lengkap berwisata ke Kepulaun Karimun Jawa. Sebenarnya anda cukup membawa uang sebesar Rp 500.000 – 2.000.000 sudah bisa menikmati paket legkap berwisata ke pulau paling indah dan populer di Jawa ini, kususya Jawa Tengah.


Sumber : Karimunjawa, Tempat Wisata Laut Yang Eksotis
Karimunjawa, Tempat Wisata Laut Yang Eksotis Karimunjawa, Tempat Wisata Laut Yang Eksotis Reviewed by Info Medan Terlengkap on 12:06 AM Rating: 5
Powered by Blogger.