Pagi Tadi, Sinabung Meletus Dua Kali. Netizen : Kapanlah Berhentinya?

Pagi Tadi, Sinabung Meletus Dua Kali. Netizen : Kapanlah Berhentinya?

Letusan Gunung Sinabung belum berakhir juga. Pagi tadi, Sabtu (11/3/2017), gunung berapi yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), itu tercatat dua kali melontarkan material panas.


“Hingga pagi ini saja, sudah dua kali erupsi,” kata Ardi, staf Pos Pemantauan Gunung Sinabung Pusat Vilkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dilansir merdeka, Sabtu (11/3/2017).


Erupsi pertama terjadi pada pukul 02.14 WIB, tetapi ketinggian kolom abu vulkaniknya tidak terpantau akibat tertutup kabut. Sedangkan erupsi kedua terjadi pada pukul 07.10 WIB dengan ketinggian semburan abu vulkanik hingga 2.800 meter.


Namun dalam dua erupsi pada Sabtu pagi itu tidak mengeluarkan awan panas yang dapat mengancam keselamatan jiwa manusia. Meski tidak mengeluarkan awan panas, tetapi PVMBG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memberlakukan zona merah atau wilayah yang tidak boleh dimasuki warga.


Secara keseluruhan, zona merah tersebut diberlakukan sejauh 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, tetapi radiusnya diperluas untuk sektor tertentu.


Untuk sektor selatan-tenggara, zona merahnya ditetapkan hingga 7 km, sektor tenggara-timur 6 km, dan sektor utara-timur laut 4 km. Penambahan radius zona merah tersebut diberlakukan karena sektor itu sering dilintasi awan panas yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung.


Pemberlakuan zona merah itu tetap diberlakukan karena Gunung Sinabung terus mengeluarkan erupsi. “Kemarin (Jumat, 10/3) saja, ada empat kali erupsi,” ujar Ardi.


Sumber : Pagi Tadi, Sinabung Meletus Dua Kali. Netizen : Kapanlah Berhentinya?
Pagi Tadi, Sinabung Meletus Dua Kali. Netizen : Kapanlah Berhentinya? Pagi Tadi, Sinabung Meletus Dua Kali. Netizen : Kapanlah Berhentinya? Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:37 AM Rating: 5
Powered by Blogger.