Misteri Tersembunyi Gunung Toba Yang Masih Aktif

Misteri Tersembunyi Gunung Toba Yang Masih Aktif

Letusan vulkanik paling besar yang telah terjadi di muka Bumi dalam kurun waktu dua juta tahun silam terjadi di Negara Indonesia, yaitu lebih pasnya pada sekitar 74.000 tahun yang lalu. Temuan terbaru dari erupsi kolosal tersebut telah didapat oleh para peneliti dari Niels Bohr Institute.


Peneliti ini sedang mengaitkan antara letusan dahsyat itu dengan iklim global dan efek apa yang akan terjadi pada manusia purba. Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal sains teknologi, Climate of the Past.


Dan apa yang terjadi pada saat itu jauh lebih dahsyat dari letusan gunung pada masa kini, bahkan jika dibandingkan dengan Gunung Tambora atau Gunung Krakatau sekalipun tidak sebanding. Amukan Gunung Toba telah menyisakan kawah besar yang memiliki luas 50 kilometer, yang sekarang ini menjadi Danau Toba.


Pada saat meletus, Gunung Toba memuntahkan larva sejauh 2.500 kilometer. Yaitu setara dengan dua kali volume Gunung Everest. Erupsinya Jauh lebih dahsyat dan mengerikan yaitu 5.000 kali dari letusan Gunung St. Helens pada tahun 1980 yang terjadi di Amerika Serikat.


Baca juga : Jika Danau Toba Meletus, Malapetaka Besar Melanda Bumi


Awan abu vulkanik dan asam sulfat yang menyembur langsung ke atmosfer telah menjadikannya terjebak pada lapisan stratosfer bumi, dari sanalah ia menyebar menyeluruh ke seluruh penjuru dunia, di belahan bumi manapun baik itu utara maupun selatan. Kemudian turun ke bumi dengan bentuk hujan asam.


Jika Danau Toba Meletus, Malapetaka Besar Melanda Bumi


Kabar terkini yang menyebutkan bahwa Gunung Toba telah aktif lagi mulai menjadi topic hangat dalam pembicaraan masyarakat yang berada disekitaran Danau Toba sekarang ini. Hal-hal yang membuat warga menjadi percaya adalah dengan aktifnya kembali Gunung Sinabung setelah sekian lama sebelumnya tak pernah ada sejarah kapan terakhir kali Gunung ini meletus. Gunung Sinabung adalah sebagai gunung yang dulunya merupakan Kaki dari Gunung Toba tiba-tiba menjadi aktif lagi dan hal ini membuat warga menjadi sangat terkejut.


Tentu hal ini akan berpengaruh pada aktifitas Gunung Toba. Kabar Gunung Toba yang masih aktif yang diperkuat dengan munculnya sumber air panas baru yang berada di daerah Pangururan, Samosir. Pulau Samosir ini telah di klaim dan merupakan puncak dari Gunung Toba yang saat ini menjadi Danau Toba. Tentu dapat dibayangkan kan sobat betapa besarnya Gunung Toba pada saat sebelum meletus. Akibat dari pergeseran lempeng tektonik dari Gunung Sinabung, disinyalir membuat Gunung Toba manjadi aktif kembali.


Jika jika kita membaca sejarah Gunung Toba yang meletus, tentu kita bisat membayangkan betapa mengerikannya ledakan tersebut. Semoga kabar ini tidak benar terjadi dan hjanya kabar burung belaka, dan semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME. Aminn


Sumber : Misteri Tersembunyi Gunung Toba Yang Masih Aktif
Misteri Tersembunyi Gunung Toba Yang Masih Aktif Misteri Tersembunyi Gunung Toba Yang Masih Aktif Reviewed by Info Medan Terlengkap on 5:35 PM Rating: 5
Powered by Blogger.