Breaking News : Gempa Baru Saja Mengguncang Kota Medan, Berpusat di Binjai

Breaking News : Gempa Baru Saja Mengguncang Kota Medan, Berpusat di Binjai

Gempa baru saja mengguncang Kota Medan. Sampai saat ini belum diketahui info magnitude gempa pada 17:48 WIB, Sabtu (18/3/2017).


Gempa yang dirasakan teramat kencang dalam hitungan kurang dari 5 detik. Namun, magnitudi gempa teranyar ini belum diketahui. Gempa kali ini berpusat di Binjai.


Gempa terakhir di Sumatera Utara terjadi Jumat (17/3/2017) kemarin sekitar pukul 16:20 WIB. Berkekuatan 3,0 Skala Richter di 2 kilometer barat laut Nainggolan, Samosir. Namun gempa ini tak terasa hingga ke Medan.


Sejauh ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memastikan tiap tahunnya lempeng tektonik yang ada di Sumatera bergeser.


Akibat pergeseran ini, terjadi guncangan-guncangan kecil di beberapa wilayah Sumatera seperti Karo dan Deliserdang.


"Pertahunnya itu lempeng tektonik yang bergeser mencapai 70 milimeter. Akibat pergeseran ini, secara tidak langsung terjadi 209 kejadian," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan didampingi Staffnya, Retno Agung, Rabu (15/2/2017).


Syahnan mengatakan, BMKG tidak dapat memprediksi terjadinya gempa. Ia mengatakan, gempa bisa dianalisis setelah kejadian.


"Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, BMKG tidak bisa memprediksi kapan terjadinya gempa. Untuk memastikan lokasi gempa, lima menit kemudian baru bisa kami ketahui dimana lokasi pastinya," ungkap Syahnan.


Dari pantauan BMKG, titik gempa memang masih berada di seputaran Karo dan Deliserdang. Namun, kata Syahnan, gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik.


"Gempa ini murni tektonik, tidak vulkanik. Dan dari pantauan kami, gempa yang dirasakan sebanyak 22 kali," kata Syahnan.


Data ini, lanjutnya, berbeda dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Dari PVMBG, jumlah gempa lebih dari puluhan kali. (sumber : Tribun Medan)


Sumber : Breaking News : Gempa Baru Saja Mengguncang Kota Medan, Berpusat di Binjai
Breaking News : Gempa Baru Saja Mengguncang Kota Medan, Berpusat di Binjai Breaking News :  Gempa Baru Saja Mengguncang Kota Medan, Berpusat di Binjai Reviewed by Info Medan Terlengkap on 4:15 AM Rating: 5
Powered by Blogger.