Saksi Kunci Kasus e-KTP Meninggal di Amerika. Korban Tewas Akibat Luka Tembak

Saksi Kunci Kasus e-KTP Meninggal di Amerika. Korban Tewas Akibat Luka Tembak

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membenarkan kabar meninggalnya salah satu saksi kasus korupsi proyek e-KTP Johannes Marliem. Namun Febri mengaku belum tahu alasan meninggalnya Johannes.


"Informasi benar Johannes Marliem meninggal dunia. Tapi kami belum dapat informasi rinci karena peristiwanya terjadi di Amerika," ujar Febri di gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/8).


Febri mengatakan, kasus kematian Johannes sepenuhnya menjadi otoritas penegak hukum setempat. Ia pun enggan berandai-andai apakah kematian Johannes terkait dengan penyidikan kasus korupsi e-KTP. Febri menegaskan, penyidikan kasus korupsi e-KTP akan tetap berjalan.


"Kami punya bukti kuat dan penyidikan akan tetap berjalan," katanya


Johannes Marlim adalah pemasok alat pengenal sidik jari atau automated fingerprint identification system (AFIS) ke konsorsium penggarap proyek e-KTP.


Dari tangan Johannes yang juga Direktur Biomort Lone LLC, penyidik KPK banyak mendapatkan bukti rekaman serta aliran uang e-KTP ke DPR dan pejabat Kemendagri, dari awal proyek itu.


Penyidik KPK bahkan terbang ke Amerika untuk menemui Johannes.


Marliem disebut sebagai saksi kunci kasus megakorupsi ini karena ia mengantongi bukti pembicaraan para perancang proyek e-KTP selama empat tahun. Ia meyakini, rekaman pembicaraan itu dapat menjadi bukti untuk menelisik korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun tersebut.


Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, Marliem disebut sebagai penyedia produk automated finger print identification system (AFIS) merek L-1 untuk proyek e-KTP. Ia pun sempat dimintai keterangan oleh penyidik KPK pada Februari 2017 di Singapura dan pada Juli 2017 di Amerika Serikat.


Febri mengatakan, penyidikan terhadap kasus korupsi e-KTP akan terus berjalan dan kematian Johannes Marliem akan menjadi tanggung jawab aparat setempat. "Terkait dengan kematian yang bersangkutan, yang lebih rinci menjadi domain para penegak hukum setempat di sana," kata dia.


Sumber : Saksi Kunci Kasus e-KTP Meninggal di Amerika. Korban Tewas Akibat Luka Tembak
Saksi Kunci Kasus e-KTP Meninggal di Amerika. Korban Tewas Akibat Luka Tembak Saksi Kunci Kasus e-KTP Meninggal di Amerika. Korban Tewas Akibat Luka Tembak Reviewed by Info Medan Terlengkap on 8:44 PM Rating: 5
Powered by Blogger.