Bertemu Jokowi, JBMI Usul Bandara Silangit Menjadi Bandara Sisingamaraja XII

Bertemu Jokowi, JBMI Usul Bandara Silangit Menjadi Bandara Sisingamaraja XII

Nama Bandara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara diusulkan diganti menjadi nama Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.


Usulan tersebut disampaikan ulama dari Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis petang (10/8/2017).


“Tadi di dalam, kami menyerahkan surat perubahan nama Bandara Silangit menjadi Bandara Sisingamangaraja XII,” ujar Ketua Dewan Ulama JBMI Syeikh Ali Akbar Marbun, usai pertemuan seperti dikutip dari kompas.com, Sabtu (12/8/2017).


Pemilik pondok pesantren terbesar di Medan, Pesantren Al-Kautsar, itu mengatakan, Presiden Jokowi telah sepakat dengan usulan. “Presiden sudah setuju pada intinya Bandara Silangit mau diubah menjadi nama pahlawan,” katanya.


Sebelumnya, Jokowi mengatakan, ulama JBMI membisikkan nama yang tepat diberikan untuk Bandar Udara Silangit yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.


Menurut Jokowi, apakah usulan itu akan dilaksanakan atau tidak, menunggu beberapa waktu ke depan.


“Beberapa ulama tadi menyampaikan nama Bandara Silangit itu harusnya diganti ini. Beliau-Beliau ini sudah ada banyak yang bisik-bisik. Tapi (keputusannya) nantilah setelah pertemuan,” ujar Jokowi.


Terpisah, hal yang sama juga disampaikan tokoh pemuda Sumut, Binsar M Simatupang. Alasannya, Sisingamangaraja XII merupakan salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Tapanuli.


Karenanya dia menilai nama Sisingamangaraja XII sangat tepat diabadikan sebagai nama bandara internasional kedua di Sumut setelah Bandara Kualanamu. Dengan nama tersebut, nilai historis perjuangan Sisingamangaraja XII dapat terjaga.


“Dengan penggunaan nama tersebut sekaligus menanamkam nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda saat ini,” katanya seperti dilansiri jpnn.com, Sabtu (12/8/2017).


Bukan hanya sekadar wacana, Binsar mengatakan, usulan tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Jokowi. “Semoga Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan dan semua pihak mendapat respons positif,” sebutnya.


Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan ini menambahkan, Sisingamangaraja XII merupakan salah satu pahlawan nasional yang berperang melawan penjajah Belanda sejak tahun 1878 hingga 1907


Sumber : Bertemu Jokowi, JBMI Usul Bandara Silangit Menjadi Bandara Sisingamaraja XII
Bertemu Jokowi, JBMI Usul Bandara Silangit Menjadi Bandara Sisingamaraja XII Bertemu Jokowi, JBMI Usul Bandara Silangit Menjadi Bandara Sisingamaraja XII Reviewed by Info Medan Terlengkap on 6:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.