Air Terjun Sipiso-Piso, Keajaiban Alam yang Menakjubkan

Air Terjun Sipiso-Piso, Keajaiban Alam yang Menakjubkan


Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini mengalir deras dari ketinggian 120 meter dan diibaratkan seperti pisau yang tajam. Nama Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau. Air terjun Sipiso-Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara.


Air terjun ini terbentuk oleh Sungai Pajanabolon, mengalir keluar diantara tebing dan bermuara ke Danau Toba. Ditempat in tersedia beberapa gazebo untuk tempat beristirahat bagi pengunjung dan disekitar gazebo terdapat penjual berbagai macam sauvenir


Air terjun Sipiso-Piso memiliki udara sejuk karena berada di perbukitan dan pemandangan yang indah dikelilingi hutan-hutan pinus di punggung bukit dan hamparan Danau Toba. Di antara tebing terlihat air terjun berjatuhan secara vertikal. Anda bisa menikmati keindahan air terjun Sipiso-piso dan Danau Toba dari kejauhan pada waktu yang sama.



Sebelum Anda menuruni anak tangga menuju ke dasar air terjun, ada baiknya Anda ke gardu pandang Sipiso-piso. Ditempat ini Anda disuguhi view spektakuler dan hamparan Tanah Karo serta Pulau Samosir yang posisinya ada di tengah Danau Toba.


Untuk mencapai dasar air terjun, Anda harus memiliki stamina yang fit. Perjalanan ke dasar air terjun lebih cepat dari pada naik kembali ke atas. Anda akan melewati beratus-ratus anak tangga untuk mencapai ke dasar air terjun. Selain itu, jalanan curam dan berkelok-kelok.


Tapi jangan khawatir, setelah mencapai dasar air terjun, rasa lelah akan diganti dengan rasa ketakjuban akan keajaiban alam yang terdapat ditempat ini. Dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan pelangi abadi yang terbentuk di dasar air terjun.



Perjalanan menuju ke dasar Air Terjun Sipiso-Piso memerlukan waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan untuk naik kembali keatas, diperlukan waktu lebih lebih lama karena treknya menanjak. Tapi itu semua tergantung dari stamina yang Anda miliki.


Fasilitas untuk Wisatawan di Air Terjun Sipiso-piso


Fasilitas dan sarana untuk wisatawan di Air Terjun Sipiso-piso cukup memadai.  Lahan parkir luas dan parkir di bawah dekat Gardu Pandang lebih disarankan tidak terlalu jauh dari gazebo dan toko souvenir.


Jika Anda masih punya banyak waktu, Anda dapat menyempatkan berkunjung ke Bukit ‘Gundul’ Sipiso-piso yang berada tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso.


 


Sumber : Air Terjun Sipiso-Piso, Keajaiban Alam yang Menakjubkan
Air Terjun Sipiso-Piso, Keajaiban Alam yang Menakjubkan Air Terjun Sipiso-Piso, Keajaiban Alam yang Menakjubkan Reviewed by Info Medan Terlengkap on 4:52 AM Rating: 5
Powered by Blogger.