Sinabung Erupsi Lagi. Warga Medan dan Deliserdang Diharapkan Pakai Masker

Sinabung Erupsi Lagi. Warga Medan dan Deliserdang Diharapkan Pakai Masker

Pagi ini, Jumat (28/7/2017) pukul 09.36 WIB, Gunung Sinabung kembali erupsi. Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra mengatakan luncuran abu vulkanik erupsi kali ini setinggi 1000 meter diikuti gempa 146 selama detik.


“Angin perlahan arah ke timur Laut-tenggara. Kita imbau warga sekitar Sinabung menggunakan masker. Kita belum tahu apakah abu akan sampai ke Medan atau tidak seperti kemarin,” jelas Armen.


Dia menjelaskan pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG-Badan Geologi.


“Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung,” imbaunya.


Dikatakannya, hampir setiap hari selama sebulan terakhir Sinabung terus erupsi. Akibatnya, abu vulkanik yang keluar saat erupsi bisa terbawa ke sejumlah kabupaten/kota di Sumut.


Seorang warga bernama Erie (40) mengatakan di lingkungan rumahnya, Desa Kuta Tualah, Kabupaten Deli Serdang berbatasan dengan Kota Medan hampir setiap hari dihujani abu vulkanik.


“Hampir setiap hari di lingkungan rumah kami kena abu vulkanik. Sudah sebulan terakhir ini lah muncul abunya,” ujarnya.


Terpisah, Sekrataris BPBD Deli Serdang, Darwin Surbakti mengimbau warga Deli Serdang yang terdampak abu vulkanik agar menggunakan masker untuk menjaga kesehatan.


“Saat sinabung erupsi dan angin mengarah ke wilayah Kabupaten Deli Serdang maka terdampaklah kita. Khususnya yang semalam, bahkan sampai ke Kota Medan,” jelas Darwin


Sumber : Sinabung Erupsi Lagi. Warga Medan dan Deliserdang Diharapkan Pakai Masker
Sinabung Erupsi Lagi. Warga Medan dan Deliserdang Diharapkan Pakai Masker Sinabung Erupsi Lagi. Warga Medan dan Deliserdang Diharapkan Pakai Masker Reviewed by Info Medan Terlengkap on 9:35 AM Rating: 5
Powered by Blogger.