Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil

Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil

Wisata Pulau Banyak adalah tujuan wisata terkenal di Aceh, selain Sabang. Bahkan, Pulau Banyak bagi sebagian kalangan lebih indah dibanding Sabang. Artikel ini akan menceritakan salah satu surga wisata ini kepada pembaca. Sejarah, akomodasi, peta, gambar, perjalanan ke Pulau Banyak dipaparkan di sini.


Pulau Banyak dengan hamparan pulau dan pantai pasir putih yang tak berpenghuni di tengah lautan biru terlihat sungguh mengagumkan. Wisata Pulau Banyak sungguh menjadi tempat yang pas untuk merasakan sensasi dan pengalaman snorkeling, diving. Ia juga menawarkan kegiatan menjelajah hutan, mengamati penyu bertelur, memancing, bahkan makan lobster segar.



Sejarah Pulau Banyak


Pulau Banyak berlokasi di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Indonesia. Mempunyai luas sekitar 27 ribu hektar dan populasi penduduk sekitar 10.000 jiwa. Wilayah ini sering pula disebut dengan nama Kepulauan Banyak karena terdiri dari gugusan 30 hingga 40 pulau. Penduduk setempat mengatakan bahwa jumlahnya mencapai 99 pulau. Entah mana yang benar.


Pulau Banyak memiliki dua desa utama yaitu Desa Pulau Balai yang membentuk satu kesatuan dengan Desa Pulau Baguk. Desa lainnya adalah Teluk Nibung, Haloban, Asantola, Ujung Sialit, Suka Makmur. Penduduk lokal menggunakan perahu mesin untuk transportasi antar desa.


Pulau Banyak yang juga dikenal sebagai Banyak Island baru dikenal publik beberapa tahun belakangan ini saja. Tepatnya semenjak dilakukan kegiatan pelestarian penyu di sana. Para konservasionis inilah yang membantu merintis dan mengembangkan wisata di sini hingga terkenal ke manca negara. Wisata di sini lebih dahulu dikenal oleh wisatawan asing dibandingkan wisatawan domestik. Wilayah kepulauan ini mulai sering dikunjungi oleh wisatawan domestik sejak empat hingga 5 tahun belakangan. Terutama mereka yang berasal dari Medan, Banda Aceh atau Jakarta.


( Baca Juga : Tempat Wisata Romantis di Medan dan Sumatera Utara )

Perjalanan Menuju Pulau Banyak


Perjalanan ke Pulau Banyak hanya dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut. Ibu kotanya yaitu Pulau Balai. Kota terdekat menuju Singkil adalah Medan. Selama di Medan, tidak ada salahnya anda berkeliling di beberapa tempat wisata di Medan yang menarik untuk dikunjungi. Dari Medan menuju Singkil perjalanan bisa menggunakan jasa travel dengan ongkos Rp 110.000. Berangkatlah dari Medan menuju Singkil di malam hari sehingga anda tiba di Singkil pada pagi hari. Selanjutnya, dari Singkil menuju Pulau Balai, tersedia kapal tradisional di Pelabuhan Jembatan Tinggi. Kapal ini berangkat setiap hari pukul 10 WIB dengan biaya Rp 25.000.


Lokasi Pulau Banyak di Peta Map Google

Tersedia pula kapal Feri yang melayani rute Singkil ke Pulau Balai setiap hari Senin 09.00 WIB. Tiket feri seharga Rp 16.000. Untuk berkeliling di Kepulauan Banyak seharian, bisa menyewa perahu nelayan sekitar Rp 300.000 per hari. Tetapi, semua tergantung negosiasi.


Masyarakat Pulau Banyak masih memegang nilai-nilai tradisional. Namun, bukan berarti tidak ramah terhadap wisatawan. Bagi masyarakat, wisatawan hanya diharapkan menunjukkan sikap “layak” untuk menghargai tradisi setempat. Sikap layak tersebut misalnya dengan berpakaian sopan, tidak memakai pakaian minim, ketika di desa.




[caption id="attachment_13475" align="aligncenter" width="842"]Pulau Banyak Aceh Singkil Pulau Banyak Aceh Singkil[/caption]

Untuk berwisata ke wisata taman wisata perairan ini, sesungguhnya wisatawan harus mendapatkan izin dari BKSDA Aceh. Daerah ini adalah kawasan konservasi alam. Sayangnya, beberapa jasa travel mengabaikan aturan ini. Oleh karena itu, carilah biro wisata yang bertanggung jawab terhadap pelestarian keanekaragaman hayati laut dan kelestarian lingkungan hidup.


( Baca Juga : Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba )

Kepulauan Banyak menawarkan berbagai keindahan alam bawah laut dan lokasi aktifitas wisata air. Lokasinya yang cenderung sepi, jauh dari hingar bingar keramaian, menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan asing kemari. Wisatawan sungguh akan menemukan ketenangan di sini. Jika tujuan liburan anda adalah menjauhi aktifitas kesibukan dan hingar bingar kota, maka Kepulauan Banyak merupakan pilihan tepat.


Tempat wisata kepulauan ini terdiri dari berpuluh-puluh pulau kecil. Semuanya dapat dijelajah oleh wisatawan dengan menyewa perahu mesin. Biasanya harganya merupakan kesepakatan antara wisatawan dan penyedia perahu. Semakin lama anda menyewa, maka semakin murah. Saran saya, lebih baik anda berkunjung ke pulau ini secara berkelompok sehingga biaya lebih murah.


Kepulauan Banyak Aceh Singkil memiliki beberapa spot menarik, diantaranya adalah Pulau Tailana dan Pulau Palambak. Pulau Tailana dan Pulau Palambak memiliki pasir putih, kemudian perairan yang dangkal. Tempat ini akan memanjakan pengunjung yang hobi menyelam, snorkeling, mengamati keindahan terumbu karang dan ikan hias tercantik. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat ikan duyung.


Selain Pulau Palambak dan Pulau Tailana, anda dapat pula menikmati lebatnya hutan di Pulau Tuangku. Gunung Tiusa merupakan tantangan bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim atau petualangan alam. Hiking akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih. Namun, kelelahan Anda akan dibayar tuntas setelah anda mencapai puncak gunung. Akan terlihat pemandangan beberapa pulau-pulau kecil yang hijau ditengah hamparan birunya laut.


Di lokasi ini juga terdapat spot untuk kegiatan selancar. Hingga saat ini, sebagian besar peselancar mengunjungi dan tinggal di kapal saja atau istilahnya live-on-board. Lokasi yang sering dijadikan tempat berselancar adalah Ujung Lolok. Sebagai alternatif anda bisa menyewa perahu lokal di Pulau Balai. Kemudian anda atur sendiri agenda berselancar anda. Bisa berkemah atau tidur di atas kapal. Itu akan lebih murah, walaupun terasa kurang nyaman bagi yang bukan berjiwa petualang.


Jangan lupakan pula bahwa Kepulauan Banyak merupakan daerah konservasi penyu. Bagi anda yang tertarik untuk mengamati penyu bertelur, Pulau Bangkaru dapat dijadikan pilihan destinasi. Tetapi, ini adalah kegiatan wisata yang sangat terbatas. Tidak terbuka untuk umum. Anda harus berbicara terlebih dahulu dengan pihak pengelola Taman Wisata Alam Kepulauan Banyak yaitu BKSDA Aceh.



Jasa Pemandu Wisata ke Pulau Banyak


Tempat wisata ini memiliki beberapa pemandu wisata lokal yang handal dan ramah. Sebagian malah pernah terlibat di konservasi penyu. Mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang baik tentang pengertian ekowisata, tidak sekedar wisata alam yang bersifat masal serta cenderung mengabaikan etika lingkungan. Beberapa pihak yang dapat anda hubungi untuk bertanya lebih lanjut tentang prosedur mengunjungi wisata kepulauan ini adalah sebagai berikut:



  1. BKSDA Aceh. Jl. Cut Nyak Dhien Km. 1,2 Lamteumen Banda Aceh Kotak Pos 29 Banda Aceh Tlp/Fx. (0651) 42694, 41943.

  2. Anhar. Telepon: +6285277711108. Menawarkan jasa wisata di Haloban.

  3. Rega. Telepon: +6282161997974 dan +628129099080. Email: regavia@yahoo.com. Jasa travel di Medan.

  4. Mawan. Telepon: +6281360170808. Email: dmawan_skl76@yahoo.com. Jasa pemanduan wisata Singkil dan Balai.

Wisata Kepulauan Banyak Aceh Singkil sungguh menyimpan keindahan alam yang sungguh mengagumkan. Bahkan, dapat dikatakan dapat menjadi andalan wisata alam nasional, jika dikelola dengan bijak. Bagi penikmat wisata alam yang ingin mencari ketenangan, mengasingkan diri dari kepenatan kota, tempat ini adalah sempurna. Tantangannya hanya jaraknya saja yang lumayan jauh dari kota utama seperti Medan. Tetapi, bagi penulis sendiri, semuanya akan terbayar lunas ketika sampai di sana. Untuk liburan keluarga juga cocok. Tertarik berkunjung ke sini?


Sumber : Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil Reviewed by Info Medan Terlengkap on 12:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.