Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat wisata di Padang Sumatera Barat terdiri dari berbagai jenis atraksi dan tersebar di berbagai lokasi. Obyek wisata di Padang Pariaman, wisata di Bukit Tinggi, wisata pantai di Padang merupakan tempat favorit dikunjungi. Walaupun demikian, daerah lain seperti Solok juga memiliki potensi. Simak tempat wisata di Padang di artikel ini.


Tempat wisata di Padang dan sekitarnya tersebar merata di seluruh areal Provinsi Sumatera barat. Bentang alam Sumatera Barat yang beragam menyebabkan ia memiliki kekayaan tempat hiburan di Padang (destinasi wisata alam). Kontur alam berupa perbukitan – dikenal sebagai Bukit Barisan atau Barisan Mountains – membuatnya memiliki destinasi wisata pegunungan yang menawan.


Oleh karena itu, semua tempat ini sangat layak anda jadikan tempat hiburan di Padang bersama keluarga atau teman. Sebagian obyek masih tersembunyi alias belum dikenal oleh banyak wisatawan. Sebagian lainnya sudah. Jika anda ingin membaca secara offline, silahkan unduh informasi wisata di Sumatera Barat di sini.


( Baca Juga : Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil )

Sementara bentangan pantai di pesisir barat Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuatnya memiliki wisata bahari yang sangat cantik pula. Ditambah keramahan warganya terhadap pengunjung, menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata andalan Indonesia.



Tempat Wisata di Padang dan Sekitarnya


Obyek wisata di Padang di dalam daftar ini akan dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori wisata air terjun dan danau. Kategori kedua yaitu air terjun. Sedangkan kategori ketiga yaitu pantai atau maritim. Tempat wisata di tanah minang secara lengkap adalah sebagai mana di bawah ini.



Wisata Air Terjun, Danau dan Pemandian Alam di Padang


1. Lubuak Rantiang


Tempat wisata Padang yang pertama adalah Lubuak Rantiang. Terdapat tempat wisata baru di Padang di sekitar Koto Tengah yaitu Sungai Bangek. Nama Sungai bangek mungkin sudah banyak diketahui oleh warga Kota Padang. Namun, obyek wisata baru yang dimaksud adalah Lubuak Rantiang. Lokasinya tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Kira-kira sekitar 1 jam perjalanan. Itupun disebabkan oleh medan perjalanannya sedikit sulit. Belum ada akses jalan yang bagus karena belum begitu populer. Bagi anda yang ingin mencari suasana baru, mungkin ini dapat dijadikan pilihan.


2. Danau Talang di Solok


Tidak perlu jauh ke luar negeri, Indonesia – termasuk di Padang – kaya akan keindahan alam. Salah satunya adalah Danau Talang di Solok. Danau ini, paling tidak bagi kami para peminat wisata alam, akan mampu memberikan ketenangan lahir bathin. Bahkan, mungkin saja anda akan berasumsi kalau Danau Talang ini sebagai Danau pribadi. Suasananya terasa begitu hening. Jauh dari keramaian dan hiruk pikuk Kota. Jika anda ingin melepas penat dari susana kota, Danau Talang adalah tempat yang tepat.


( Baca Juga : Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba )

3. Danau Kembar


Obyek wisata di Padang selanjutnya adalah Danau Kembar. Danau Kembar merupakan sebutan dari dua buah danau yang berdekatan. Danau Kembar berada di Kecamatan Lambang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti , Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dari pusat kota Padang berjarak sekitar 60 km. Sedangkan kalau dari Kota Solok berjarak sekitar 50 km. Jarak antara kedua danau sekitar 300 meter. Kedua danau tersebut sebenarnya memilki nama yang berbeda. Satunya bernama Danau Diateh. Sedangkan yang lainnya bernama Danau Dibawah.


Walaupun disebut danau kembar tetapi bentuk dan luasnya sangat berbeda. Di dekat danau terdapat beberapa rumah makan dan penginapan. Jadi, anda tidak perlu susah jika ingin berliburan ke sini. Bahkan, di kawasan Danau Diateh tersedia ruangan pertemuan serta beberapa permainan anak. Salah satu yang terunik dari lokasi wisata ini ialah danau yang berada di atas justru bernama Danau Dibawah.


4. Air Terjun Nyarai


Tempat wisata Padang Pariaman yang dapat anda jadikan tempat liburan adalah Air Terjun Nyarai. Lokasinya berada di Hutan Gamaran , Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Ketinggian air terjun ini kira-kira 7 hingga 8 meter. Hal yang menarik dan menjadi ikonnya adalah kolam besar dengan airnya berwarna kehijauan yang merupakan rumah bagi ikan-ikan. Kolam ini diapit oleh batu besar berbentuk seperti pintu. Di kolam inilah para wisatawan dapat berenang sepuasnya sambil menangkap ikan sekaligus bermain ayunan dari akar pepohonan.


Obyek wisata di Padang Pariaman ini memiliki tantangan sekligus keindahan. Salah satu tantangan sekaligus kenikmatan obyek wisata ini adalah lokasinya berada di dalam hutan. Pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapainya. Wisatawan akan menyaksikan keindahan sekaligus merasakan manfaat hutan secara langsung yaitu menyediakan udara segar. Selama perjalanan di hutan, mata para pengunjung akan dimanjakan juga dengan pemandangan yang asri dan alami. Kamu sudah tahukan bahwa salah satu manfaat alam bagi kesehatan manusia adalah menyegarkan fikiran manusia. Kamu bisa merasakan itu ketika berkunjung ke sini.


5. Air Terjun Timbulun


Keindahan obyek wisata tersembunyi di sekitar Padang lainnya adalah Air Terjun Timbulun. Keindahan air terjun ini terletak pada air terjunnya terdiri dari 7 tingkatan. Semuannya memiliki bentuk dan lubuk yang berbeda. Hulu air terjun ini berasal dari area Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara di Samudera Indonesia atau di Teluk Painan.


Jalan menuju Air Terjun Timbulun terbilang cukup mudah yaitu berupa jalan yang disemen. Lokasinya berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Painan. Sedangkan dari Kota Padang berjarak sekitar 79 km. Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki menelusuri Sungai Batang Timbulun sejauh 500 meter dari pos penjagaan masuk. Tempatnya berada di Kampung Painan Timur, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.


6. Pemandian Alam Sako Tapan


Pemberian nama Pemandian Alam Sako Tapan diambil dari tempat lokasinya yaitu berada di Kampung Muaro Sako, Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan. obyek wisata ini biasanya di gunakan wisatawan untuk melepas lelah sembari menikmati keindahan alam. Tidak lupa pula sekaligus menghirup udara segar pegunungan dengan ditemani merdunya kicauan burung


Para wisatawan yang berkunjung bisa mandi dengan puas dan gratis. Suasana alami serta batu-batu besar dan air yang jernih membuat tempat ini sering dikunjungi. Keasrian dan kealamian Pemandian Alam Sako Tapan membuat lokasi tersebut bebas dari polusi dan sampah. Lingkungan hidup yang lestari memang mendukung pengembangan wisata alam. Oh iya, di sekitar tempat pemandian, pengunjung bisa menikmati aneka jajanan dimana tempatnya berupa lesehan yang disediakan oleh para pedagang.


Baca Juga : Sapo Juma Tongging, Wisata Terbaru Dengan Spot Foto Bunga Warna-Warni di Tongging

Wisata Pantai di Padang dan Sekitarnya


7. Pantai Nirwana


Pantai di Padang, salah satunya adalah Pantai Nirwana. Pantai Nirwana merupakan tujuan yang tepat saat berkunjung ke Padan. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera. Berjarak hanya sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Pelabuhan yang sudah melegenda sejak zaman kolonial Belanda.


Dari Pantai Nirwana pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar. Saat senja dan menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah mempesonanya. Lampu kelap-kelip di Teluk Bayur terlihat sungguh indah. Sehingga tidak mengherankan bila pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai romantis di Padang.


8. Pantai Carolina


Pantai di Padang selanjutnya adalah Pantai Carolina. Pantai ini atau Pantai Teluk Bungus menjadi bukti lain bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tak perlu diragukan lagi. Pantai ini dulunya jarang di kunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh pengunjung. Namun saat ini Pantai Carolina telah berubah menjadi tujuan wisata di Sumbar, khususnya wisatawan dari Kota Padang.


Para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan keunikannya. Pantai ini dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yakni berbentuk seperti huruf W atau gambar hati. Kalau Anda membawa drone ke pantai ini, maka bentuk pantai seperti hati pun bakal bisa tampak jelas dari udara. Tertarik untuk memotonya?


Jika anda tertarik untuk jalan-jalan ke Medan dan Sumatera Utara, silahkan baca artikel tempat wisata di Medan dan Sumatera Utara yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi.


9. Pulau Cubadak


Pulau cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantai berpasir putih nan bersih. Keindahan dari pulau cantik ini ialah adanya teluk, batu karang dan tanjung. Sejauh mata memandang akan terlihat paronama laut yang biru dan pulau-pulau menghijau membuat pengunjung betah berlama-lama.


Para wisatawan yang berlibur di Pulau Cubadak pasti puas karena fasilitasnya lengkap. Namun, tentu saja yang paling utama adalah keindahan panorama yang dimilikinya. Dari perairan hingga daratan semuanya terlihat indah. Sebutan lain dari pantai yang elok ini adalah The Paradise of The South. Pulau ini memiliki luas sekitar 710 ha. Lebih di kenal dengan sebutan Pantai Pincuran Talu oleh wisatawan lokal.


10. Pulau Pasumpahan


Obyek wisata pantai di Padang yang cantik adalah Pulau Pasumpahan. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Memiliki pantai pasir putih dengan air laut jernih membuat kita dengan mudah melihat kekayaan keanekaragaman hayati terumbu karang. Selain itu, keunikan lainnya yaitu gradasi warna air laut yang membentang di sekeliling pulau. Di pinggiran airnya akan terlihat jernih. Namun, agak ke tengah, warna air akan terlihat hijau. Sedangkan di kejauhan atau tengah laut akan terlihat biru. Sungguh luar biasa. Karena keindahan tersebut, banyak wisatawan asing dan lokal berlibur ke pulau mungil ini.


Pulau Pasumpahan berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk bisa sampai ke lokasi, biasanya para pengunjung menggunakan jasa transportasi perahu kayu atau speed boat dari Sungai Pisang. Jika kamu tidak puas di sini, mungkin kamu bisa pergi ke Aceh. Pulau Banyak di Aceh Singkil juga sangat terkenal dengan keindahan pulau dan terumbu karangnya.



Wisata Pendakian Gunung dan Pegunungan di Padang


11. Janjang Saribu


Tempat wisata di Bukit Tinggi yang satu ini jangan anda lupakan. Ya, Janjang Saribu berada di Bukit Tinggi. Bukit Tinggi memang terkenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak obyek wisata yang mengagumkan seperti Ngarai Sianok. Janjang Saribu, sederhananya, dapat dikatakan mirip dengan Tembok Besar Cina. Tetapi, versi Bukit Tinggi.


Tempat wisata di Bukit Tinggi Janjang Saribu menjadi khas karena memiliki banyak susunan anak tangga yang cukup panjang. Panjang anak tangga ini membentang hingga ke kawasan bawah Ngarai Sianok. Jalan anak tangga tersebut dalam bahasa daerah ini diberi nama Janjang Saribu atau yang berarti tangga seribu.


12. Puncak Gobah


Puncak Gobah merupakan tempat wisata di Padang yang relatif baru dan sedang hits (populer) di Kabupaten Solok. Puncak ini berada di ketinggian Nagari Aripan yang menghadap ke Danau Singkarak. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan hamparan persawahan, hutan dan kawasan pesisir bagian selatan Danau singkarak.


Di lokasi puncak ini juga dilengkapi oleh sebuah rumah pohon untuk berfoto. Jika kita bandingkan dengan obyek wisata di Sumatera Utara, lokasinya kurang lebih seperti di Sipiso-piso.


13. Gunung Talang


Gunung Talang meupakan gunung yang terletak di Solok. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke empat. Terakhir meletus pada tahun 2005. Meskipun begitu, saat ini statusnya tetap waspada. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 2.572 MDPL. Menyajikan pemandangan alam yang indah. Sayang jika anda lewatkan begitu saja.


14. Gunung Singgalang


Tentu anda tidak begitu asing dengan nama gunung yang satu ini. Gunung Singgalang merupakan gunung tertinggi ketiga di Sumatera Barat. Tepatnya terletak di Kabupaten Agam. Gunung yang memiliki ketinggian 2.877 MDPL ini merupakan jenis gunung vulkanis yang sudah tidak aktif lagi. Di lereng gunung memiliki hutan yang lebat dan banyak menyimpan kandungan air.


Berbeda dengan Gunung Sibuatan di Sumatera Utara yang tidak ada mata air ketika mendekati puncak. Jadi, jika anda ingin mendak Singgalang, anda tidak perlu kesusahan stok air saat. Dari puncaknya, kita dapat melihat pemandangan yang sangat indah, termasuk Gunung Marapi di sebelahnya.


15. Gunung Tambin


Gunung tambin adalah gunung yg terletak di pasaman dengan ketinggan 2271 MDPL atau setara dengan 7452 kaki. Apabila anda memiliki uang serta keberanian yangg cukup anda bisa mengunjungi gunung tambin untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya. Walau tidak begitu terkenal seperti gunung-gunung sebelumnya, namun layak anda kunjungi.


Itulah tempat wisata Padang Sumatera Barat dan sekitarnya yang layak anda kunjungi bersama keluarga dan teman. Apakah anda sudah menemukan lokasi yang ingin anda kunjungi dari daftar ini? Selamat berwisata!


Sumber : Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Anda Kunjungi
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Anda Kunjungi Tempat Wisata di Padang Yang Wajib Anda Kunjungi Reviewed by Info Medan Terlengkap on 5:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.