Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba

Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang merupakan tempat rekreasi baru bagi warga Kabupaten Sumba Timur. Objek wisata ini kini ramai dikunjungi warga setiap hari libur.


Letaknya di bagian utara Kota Waingapu, berjarak sekitar 45 Km. Sebagian ruas jalannya masih pengerasan. Tanggedu dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.


Air terjun ini memiliki julukan Grand Canyon-nya Sumba Timur atau Twin Canyon, karena tebing-tebing batu dan aliran airnya yang begitu memukau. Enggak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Tanggedu mengalir dari tebing bebatuan yang rendah.


Kecantikan wilayah Air Terjun Tanggedu ini terletak pada tebing-tebing batu yang mengapit aliran air jernih yang berkelok-kelok. Relief-relief tebing yang alami dan unik bisa menjadi latar yang kece saat kamu mengambil foto dari bawah tebing. Belum lagi aliran airnya yang jernih berwana biru kehijauan akan menjadi tambahan spot-spot foto di kawasan air terjun ini.






Passion. Aku jadi teringat diriku 4 tahun lalu. Saat aku belum menemukan aku, belum tahu apa passionku. Aku mencoba ini dan itu. Saking banyaknya, aku jadi hilang arah. Sampai tiba masa perkuliahan. Aku ingat betul, saat itu libur semester ganjil. Pertama kalinya aku di pertemukan oleh Dia. Dia yang sudah 4 tahun ini mengajarkanku banyak hal. Dia, Traveling. Awalnya aku ragu. Karena traveling adalah kegiatan yang setidaknya membutuhkan sejumlah uang untuk dijalani. Aku yang hanya sebatas mahasiswa kurus yang tinggal satu atap dengan enam anak kosan lainnya.. Bisa traveling? Haha. Dulu. Aku susah payah kerja ini itu dan giat menabung untuk bisa pergi traveling. Dulu. Aku rela tidur di stasiun, di bandara, di depan rumah warga, aku rela numpang-numpang mobil truk, aku rela makan oatmeal dua minggu. Supaya uangku cukup untuk bertahan hidup selama traveling. Jangan dikira perjalananku selalu mulus dan penuh tawa. Kehabisan uang? Pernah. Tersesat di hutan? Pernah. Ditipu orang jahat? Pernah. Percaya deh, perjalananku penuh lika-liku. Sampai aku bertanya pada diriku sendiri, apa yang membuatku tetap menjalani walau aku tahu ini tidak selalu berjalan mulus? Empat tahun yang luar biasa ini memberiku jawaban: Passion. Passion adalah hal yang membuatku selalu ikhlas dan menikmati semua perjalananku. Passionku tidak pernah bohong. Dia selalu menggebu-gebu mendorongku untuk selalu pergi ke tempat-tempat baru. Dia selalu berkata bahwa begitu banyak makna yang bisa aku dapat selama berkelana. Rintangan yang terjadi hanyalah seni dari traveling. Yang justru menyisihkanku cerita seru yang bisa ku ceritakan padamu. #PassionAku #GramediaBackToCampus @gramediabooks Ayo @harivalzayuka @upikmnr @akbarhendar @cece_chaann berani ceritakan passionmu, nggak?! #Sumba #Indonesia


A post shared by Tampan (@backpackertampan) on




Sebelum menggapai Tanggedu, pengunjung harus melintasi Mondu dan kampung adat Prainatang. Meski lokasinya agak jauh dan jalannya rusak, tidak menyurutkan warga berekreasi di air terjun Tanggedu.


Selain airnya yang sejuk menyegarkan, lingkungan air terjun Tanggedu yang masih asri menjadi daya tarik bagi wisatawan.


Dari beberapa foto yang diperoleh, air terjun Tanggedu berciri bebatuan yang menyerupai relief. Sudah tentu menjadikan air terjun Tanggedu menjadi unik dan menarik.


Akses jalanan menuju Air Terjun Tanggedu memang belum begitu baik dan mulus. Kendaraan yang kamu bawa harus diparkirkan di rumah warga Desa Tanggedu.





Perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Meski harus berjalan lumayan jauh, lelahmu akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata Air Terjun Tanggedu ini


Untuk masuk ke dalam, kamu juga cukup membayar tiket seharga Rp 2 ribu. Enggak perlu khawatir kalau kamu lapar dan haus, ada deretan warga penjual makanan dan air kelapa muda di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.


Sumber : Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba Air Terjun Tanggedu, Pesona Air Terjun Unik di Ujung Sumba Reviewed by Info Medan Terlengkap on 10:09 PM Rating: 5
Powered by Blogger.