Ini Daftar Jenis Ikan Hias Tercantik di Dunia

Ini Daftar Jenis Ikan Hias Tercantik di Dunia

Ikan hias tercantik di dunia banyak berasal dari lautan, walaupun ada juga yang berasal dari perairan darat. Berikut adalah jenis ikan hias paling cantik menurut redaksi.


Ikan hias tercantik di dunia terdiri dari berbagai jenis. Ikan-ikan tersebut tersebar di seluruh wilayah lautan dunia. Hal ini karena sekitar 73 persen permukaan bumi merupakan lautan. Sehingga, tidak heran jumlah spesies satwa, keanekaragaman hayati laut lebih tinggi dibandingkan satwa di darat atau air tawar. Meskipun demikian, bukan berarti ikan yang sering dipelihara di akuarium hanya monopoli laut. Ikan hias air tawar juga banyak memiliki keindahan dan keunikan tersendiri serta memiliki warna yang cerah nan menawan.


Ikan hias tercantik itu sebagiannya terancam oleh pencemaran lingkungan seperti marakanya pencemaran laut. Bahkan pemanasan global juga berkontribusi terhadap kelestarian populasi mereka. Selain itu, karena bentuk dan warnanya yang indah, tidak jarang spesies-spesies tersebut diburu secara masif dan tidak berkelanjutan.


( Baca Juga : Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil )

Ikan hias tercantik yang masuk ke dalam daftar ini memiliki resiko tinggi untuk punah. Ini bukanlah isapan jempol belaka jika perburuan liar tetap ada. Jika pembaca merupakan penggemar, maka sangat penting mengetahui tingkat ancamannya. Hal ini penting agar hobi kita justru tidak menambah kepunahan spesies. Jika memungkinkan, pastikan bahwa spesies ikan yang kita beli merupakan hasil pengembang biakkan, bukan hasil perburuan satwa liar ilegal.



Sembilan Spesies Ikan Hias Tercantik


Ikan hias yang dianggap memiliki keindahan luar biasa serta sangat populer di kalangan penghobi adalah seperti di tertera dalam daftar ini.



1. Ikan hias Lyretial anthias


Ikan ini adalah satwa asli lautan Indo-Pasifik bagian barat. Keunikan paling menarik adalah anak terlahir sebagai betina. Berubah menjadi jantan saat tumbuh dewasa. Warna salah satu akan berubah pada masa pertumbuhan. Umumnya, mereka yang ditemukan memiliki warna biru, merah jambu, warna emas. Individu jantan memiliki panjang sekitar lima inci, betina sedikit lebih kecil. Habitatnya terutama di perairan terumbu karang.



2. Ikan hias Lion fish


Ikan ini merupakan salah satu satwa tercantik yang juga beracun. Memiliki panjang garis-garis merah dan putih. Merupakan spesies Asli daerah Indo-Pasifik. Ditemukan dalam berbagai warna. Garis-garis pada tubuhnya membantu mereka untuk melawan musuh. Lion fish memiliki kemampuan gerakan instan, sangat cepat di dalam air. Kemampuan ini membuat mereka dapat menangkap mangsa dengan mudah. Ukuran Lion fish berkisar 11-15 inci, berat sampai 1,5 kg.



3. Ikan Hias Moorish Idol


Ikan hias yang juga cukup menawan adalah Moorish idol. Ia adalah salah satu spesies ikan terkecil. Dapat ditemukan di Samudra Hindia, Jepang, juga Afrika Selatan. Spesies ini memiliki garis kuning dan hitam pada tubuh mereka. Keindahan pola garis itu yang menyebabkan mereka dianggap sebagai salah satu ikan tercantik di dunia. Moorish idol memiliki perilaku sosial di alam yaitu berkelompok dalam jumlah besar. Mereka tinggal di terumbu karang, menghabiskan banyak waktu di permukaan laut.



4. Ikan hias Trigger fish.


Memiliki 40 spesies berbeda. Satwa asli laut Pasifik Timur. Jenis ini dapat memiliki panjang hingga 3,3 meter. Mereka memiliki gigi-gigi kuat, membuat mereka menangkap mangsa sangat mudah, misalnya kepiting. Trigger fish berbentuk oval, memiliki berbagai warna di bagian tubuh yang berbeda, membuat mereka begitu menarik. Warna spesies bervariasi yaitu biru, hijau, kuning.



5. Ikan hias French Angel Fish.


French angel fish adalah salah satu sub spesies ikan Angel fish. Asli laut Karibia. Memiliki mulut pucat menarik, tubuh kuning-hitam. Tumbuh hingga mencapai ukuran 24 inci. French angel fish memiliki habitat di perairan dangkal sistem terumbu karang. Makanan utama adalah rumput laut.

6. Blueface angel fish


adalah anggota jenis Angel fish paling berwarna-warni. Spesies asli daerah Indo-Pasifik. Seperti namanya,mereka memiliki wajah berwarna biru seperti malaikat. Blueface angel fish memiliki panjang hingga 14 inci. Tubuh mereka berwarna campuran kuning muda dan biru. Dapat memiliki umur hingga 10 tahun. Memiliki makanan seperti udang, rumput laut, cumi-cumi. Perilaku tidak agresif sehingga salah satu jenis ikan tercantik di dunia begitu banyak dijadikan ikan hias akuarium masyarakat di berbagai negara.


( Baca Juga : Wisata Alam Bagian Barat Indonesia Yang Terkenal )

7. Banggai Cardinal fish


merupakan salah satu favorit ikan untuk akuarium. Merupakan satwa langka endemik dari Pulau Banggai, Indonesia. Hidup di perairan dangkal di seluruh pulau. Spesies ikan ini sangat kecil, rata-rata memiliki panjang hanya sekitar 8 cm. Tubuh mereka memiliki pola indah, garis hitam-putih. Satu hal yang membedakan ikan jantan dari betina adalah rongga mulut yang membesar. Memakan plankton dan copepoda.



8. Ikan badut atau clown fish


merupakan salah satu spesies paling berwarna-warni dan menarik di dunia. Dapat ditemukan di hampir semua terumbu karang. Terdiri dari 28 spesies di dunia. Memiliki tubuh berwarna oranye, tiga garis putih cerah yang khas. Semua jenis ikan badut dilahirkan sebagai jantan. Mereka beralih menjadi betina pada tahap pertumbuhan. Gerakan mereka sangat cepat, begitu menarik saat berenang.



9. Ikan Mandarin fish


Merupakan ikan paling berwarna warni. Merupakan satwa asli wilayah Indo-Pasifik. Tubuh mereka memiliki warna campuran biru-hijau dengan garis oranye. Habitat ikan Mandarin fish adalah laguna dan terumbu karang. Merupakan salah satu ikan akuarium yang sangat aktif di dunia. Cacing kecil, isopoda laut merupakan makanan utama ikan mandarin. Spesies ini memiliki umur hidup dari 15 tahun.


Demikianlah daftar spesies ikan hias tercantik di dunia yang berhasil kami susun. Semoga bermanfaat.


Sumber : Ini Daftar Jenis Ikan Hias Tercantik di Dunia
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Ini Daftar Jenis Ikan Hias Tercantik di Dunia Ini Daftar Jenis Ikan Hias Tercantik di Dunia Reviewed by Info Medan Terlengkap on 4:09 PM Rating: 5
Powered by Blogger.