Pengangguran di Sumut Berjumlah 372.000 Orang

Pengangguran di Sumut Berjumlah 372.000 Orang

Kondisi ketenagakerjaan Sumatera Utara sesuai dengan survei angkatan kerja nasional dan BPS pada Agustus 2016, dengan jumlah penduduk Sumatera Utara hampir 14 juta jiwa.


Dengan peduduk usia kerja 9.842.000 orang, angkatan kerja 6.363.000 orang, penduduk yang berkerja 5.991.374 orang.


"Sedangkan pengangguran terbuka sebanyak 372.000 orang atau setingkat dengan 5,84 persen," ujar Gubernur Sumut Erry Nuradi saat mendampingi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di KIM Medan, Jumat 3 Februari 2017.


Menurut Erry, Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi yang sangat besar dan strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional dilihat dari letak geografisnya.


"Di Sumut ada 10.774 perusahaan 628 di antaranya perusahaan-perusahaan besar," sebut Erry.


Erry berharap pemerintah pusat perhatian terhadap industri-industri yang ada di Sumatera Utara, khususnya industri gas. "Karena harga gas di Sumatera Utara relatif tinggi," ucap Erry.


Ia juga berharap tenaga kerja di Sumatera Utara memiliki kompetensi yang baik untuk sinkronisasi antara kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi perlu adanya lembaga-lembaga pelatihan baik yang dilaksanakan pemerintah maupun swasta untuk melatih, melakukan sertifikasi dan penempatannya.



"Untuk itu industri diharapkan ikut berpartisipasi dan meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja, baik dalam hal pendanaan, penyusunan materi pembelajaran dan yang tidak kalah penting memberikan kesempatan untuk melaksanakan magang di perusahaan," katanya.


"Industri-industri yang ada di daerah ini harus menerampilkan pekerjanya," sambu Erry.


Pada pertemuan tersebut Menteri Tenaga Kerja dan Gubernur Sumut menyaksikan penandatanganan komitmen bersama antara BBPLK Medan, Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Medan dengan PT KIM (Persero) dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga kerja yang berdasarkan kebutuhan industri.


Sumber : Pengangguran di Sumut Berjumlah 372.000 Orang
Pengangguran di Sumut Berjumlah 372.000 Orang Pengangguran di Sumut Berjumlah 372.000 Orang Reviewed by Info Medan Terlengkap on 12:42 AM Rating: 5
Powered by Blogger.