Cara Pendaftaran SNMPTN Unimed 2017

Cara Pendaftaran SNMPTN Unimed 2017

Universitas Negeri Medan (Unimed) kembali dipercaya membuka penyelenggara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017.


Sistem pendaftaran masih sama dengan tahun sebelumnya, menggunakan sistem online melalui laman SNMPTN Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi.


Dibuka pendaftaran SNMPTN 2017 dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret 2017.


“SNMPTN tahun ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK atau sederajatnya kelas terakhir pada tahun 2017 yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NISN) dan terdaftar dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” kata Penanggungjawab SNMPTN Unimed, Prof Dr Syawal Gultom MPd dalam keterang persnya, Selasa (31/1/2017).


Ketua Panitia SNMPTN Unimed 2017, Prof Dr Abdul Hamid MPd, Kamis (28/1/2016), di Biro Rektorat Unimed Jalan Wiliam Iskandar.


Dalam paparannya Syawal Gultom yang juga Rektor Unimed didampingi Ketua Panitia SNMPTN Prof Dr Abdul Hamid K MPd (Wakil Rektor I), Wakol Ketua Prof Drs Manihar Situmorang MSc PhD (Wakil Rektor IV), Sekretaris Prof Dr Sahat Siagian MPd (Wakil Rektor III) dan Bendahara Dr Restu MS (Wakil Rektor II).


Menurutnya, yang berhak ikut SNMPTN 2017 bagi siswa memiliki prestasi unggul yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 sampai semester 5 bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar tiga tahun serta portofolio akademik,” ujarnya yang juga didampingi Humas Unimed Muhammad Surip.


Dalam persiapan SNMPTN 2017, Panitia Unimed akan turun langsung ke Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan juga pihak Dinas Pendidikan.


Restu menambahkan, tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah dan verifikasi. Kedua, pemeringkatan dan Ketiga, pendaftaran SNMPTN oleh siswa.


Restu menyebutkan, Pengisian PPDS dijadwalkan 14 Januari – 10 Februari 2017, sementara Verifikasi PDSS pada 15 Januari.- 12 Februari 2017, dilakukan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan untuk mengisi data sekolah dan siswa melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Kemudian, siswa akan mendapatkan NISN dan password untuk digunakan verifikasi.


“Bagi siswa yang memenuhi syarat memiliki prestasi akademik unggulan berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2017,” katanya.


Dibeberkan Syawal, ada empat mata pelajaran yang dapat dipilih oleh peserta, diantaranya Jurusan IPA (Matermatika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan Biologi); Jurusan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi); Jurusan Bahasa (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi dan salah satu Bahasa Asing); SMK (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kompetensi Keahlian).


Rektor mengingatkan, agar pihak sekolah maupun siswa yang menjadi peserta SNMPTN 2017 untuk tidak melakukan kecurangan. “Siswa yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya dan siswa yanh melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusan SNMPTN,” cetus Syawal.


Humas Unimed Muhammad Surip mengimbau kepala sekolah, agar segera melakukan pengisian data PDSS siswa yang akan mengikuti SNMPTN. “Segera lah kirim PDSS -nya, jangan sampai di waktu yang mepet baru data PDSS,” ucapnya.


Sumber : Cara Pendaftaran SNMPTN Unimed 2017
Cara Pendaftaran SNMPTN Unimed 2017 Cara Pendaftaran SNMPTN Unimed 2017 Reviewed by Info Medan Terlengkap on 1:05 PM Rating: 5
Powered by Blogger.