Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Setinggi 2 Km. Apakah Berkaitan dengan Gempa ?

Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Setinggi 2 Km. Apakah Berkaitan dengan Gempa ?

Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara tercatat dua kali erupsi dan meluncurkan awan panas setinggi 2 kmr ke arah timur tenggara, Selasa (17/1/2016) pagi.


Deri, Petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung mengatakan, ada peningkatan aktivitas Gunung Sinabung. Namun, tidak ada kaitannya dengan gempa 5,6 SR yang berpusat di Sibolangit, Deliserdang Sumut.


"Pagi ini dua kali erupsi. Erupsi pertama, pukul 06.27 WIB dan kedua pukul 08.31 WIB. Untuk erupsi kedua meluncurkan awan panas 2000 meter ke arah tenggara timur," ujarnya saat dihubungi.


Dia menambahkan, erupsi pertama tinggi kolom mencapai 3000 meter dan erupsi pada pukul 08.31 WIB tinggi kolom berkisar 2100 meter. Jika awan panas mengarah ke tenggara timur berarti menuju Desa Simacem.


"Erupsi ini tidak ada hubungannya dengan gempa tektonik. Jadi tidak ada pengaruh gempa dengan erupsi ini. Hanya saja, gempa mengakibatkan kuna larva tak stabil sehingga awan panas meluncur," katanya.


Gempa bumi yang mengguncang Sumatera Utara Senin (17/1/2017) malam dikhawatirkan memicu aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo


Sebab pusat aktivitas gempa berada tak jauh dari Gunung Sinabung. Yakni di Kecamatan Sibolangit, Deliserdang


"Pengaruhnya tentu ada. Kalau dikatakan bisa memicu, tentu saja ada kemungkinan. Karena jarak titik gempa itu dari Gunung Sinabung hanya 25 Km," kata Kepala Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (17/1/2017) siang.


Begitupun, Syahnan bilang untuk memastikan lebih lanjut pengaruh gempa terhadap aktivitas Gunung Sinabung bisa ditanyakan kepada ahli geologi. BMKG hanya memantau pergerakan tektoniknya saja.


"Ahli geologi mungkin lebih mampu mendetail pengaruh gempa ini terhadap vulkanik Gunung Sinabung. Pada dasarnya, gempa yang terjadi di Sumut ini karena aktivitas sesar lokal," ungkap Syahnan.


Ia menjelaskan, gempa yang terjadi masuk dalam kategori Shallow Cristal Earthquake atau gempa tektonik kerak dangkal. Syahnan menyebut, analisis mekanisme sumber ini memberi gambaran bahwa di pusat gempa bumi terdapat struktur sesar yang memiliki pergerakan mendatar mengamankan atau dextral dengan orientasi penyesatan yang berarah barat laut-tenggara di wilayah Gunung Sibayak.


"Selain di Medan, gempa juga dirasakan di Tebingtinggi, Pematangsiantar, Kualanamu Deliserdang, Sidikalang, Karo, Binjai, Kabanjahe, dan Kutabukuh," pungkasnya. (tribun medan)


Sumber : Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Setinggi 2 Km. Apakah Berkaitan dengan Gempa ?
Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Setinggi 2 Km. Apakah Berkaitan dengan Gempa ? Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Setinggi 2 Km. Apakah Berkaitan dengan Gempa ? Reviewed by Info Medan Terlengkap on 3:26 PM Rating: 5
Powered by Blogger.