Gempa Deliserdang Dikhawatirkan Memicu Aktivitas Gunung Sinabung

Gempa Deliserdang Dikhawatirkan Memicu Aktivitas Gunung Sinabung

Gempa bumi yang mengguncang Sumatera Utara Senin (17/1/2017) malam dikhawatirkan memicu aktivitas Gunubg Sinabung di Kabupaten Karo. Sebab pusat aktivitas gempa berada tak jauh dari Gunung Sinabung. Yakni di Kecamatan Sibolangit, Deliserdang


"Pengaruhnya tentu ada. Kalau dikatakan bisa memicu, tentu saja ada kemungkinan. Karena jarak titik gempa itu dari Gunung Sinabung hanya 25 Km," ungkap Kepala Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (17/1/2017) siang.


Begitupun, lanjut Syahnan, untuk memastikan lebih lanjut pengaruh gempa terhadap aktivitas Gunung Sinabung bisa ditanyakan kepada ahli geologi. BMKG hanya memantau pergerakan tektoniknya saja.


"Ahli geologi mungkin lebih mampu mendetail pengaruh gempa ini terhadap vulkanik Gunung Sinabung. Pada dasarnya, gempa yang terjadi di Sumut ini karena aktivitas sesar lokal," ungkap Syahnan.


Ia menjelaskan, gempa yang terjadi masuk dalam kategori Shallow Cristal Earthquake atau gempa tektonik kerak dangkal.


Syahnan menyebut, analisis mekanisme sumber ini memberi gambaran bahwa di pusat gempa bumi terdapat struktur sesar yang memiliki pergerakan mendatar mengamankan atau dextral dengan orientasi penyesatan yang berarah barat laut-tenggara di wilayah Gunung Sibayak.


"Selain di Medan, gempa juga dirasakan di Tebingtinggi, Pematangsiantar, Kualanamu, Sidikalang, Karo, Binjai, Kabanjahe, dan Kutabukuh," terang Syahnan.


Sumber : Gempa Deliserdang Dikhawatirkan Memicu Aktivitas Gunung Sinabung
Gempa Deliserdang Dikhawatirkan Memicu Aktivitas Gunung Sinabung Gempa Deliserdang Dikhawatirkan Memicu Aktivitas Gunung Sinabung Reviewed by Info Medan Terlengkap on 3:27 PM Rating: 5
Powered by Blogger.