Utang Pemerintah Tembus Rp 4.000 triliun

Utang Pemerintah Tembus Rp 4.000 triliun

Utang pemerintah Indonesia yang menembus angka Rp 4.000 triliun menjadi buah bibir. Nilai utang tersebut dikhawatirkan mengganggu kedaulatan negara, ada juga yang optimistis utang yang ditarik pemerintah masih produktif.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara. Sri Mulyani menilai perhatian seluruh pihak terhadap utang menjadi masukan baginya selaku pengelola keuangan negara untuk terus waspada.


Namun, Sri Mulyani juga mengingatkan kekhawatiran yang berlebihan justru bisa mengurangi produktivitas masyarakat.


"Kita perlu mendudukkan masalah agar masyarakat dan elit politik tidak terjangkit histeria dan kekhawatiran berlebihan yang menyebabkan kondisi masyarakat menjadi tidak produktif," kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (23/3/2018).


"Kecuali kalau memang tujuan mereka yang selalu menyoroti masalah utang adalah untuk membuat masyarakat resah, ketakutan dan menjadi panik, serta untuk kepentingan politik tertentu. Upaya politik destruktif seperti ini sungguh tidak sesuai dengan semangat demokrasi yang baik dan membangun," sambungnya.


Sri Mulyani menjelaskan bahwa sejatinya utang merupakan salah satu instrumen kebijakan dalam pengelolaan keuangan negara dan perekonomian. Dia bilang, utang bukan merupakan tujuan dan bukan juga satu-satunya instrumen kebijakan dalam mengelola perekonomian.


Sumber : Utang Pemerintah Tembus Rp 4.000 triliun
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Utang Pemerintah Tembus Rp 4.000 triliun Utang Pemerintah Tembus Rp 4.000 triliun Reviewed by Info Medan Terlengkap on 10:02 PM Rating: 5
Powered by Blogger.