5 Destinasi Wisata Sumut Yang Keren dan Patut Kamu Kunjungi. Mirip Bali Lho!

5 Destinasi Wisata Sumut Yang Keren dan Patut Kamu Kunjungi. Mirip Bali Lho!

Definisi indah bisa saja relatif bagi sebagian orang saat menyambangi suatu tempat. Tapi, indahnya pulau Talam, Blue Spot, Pulau Badalu di Kepulauan Mursala, kemudian Pantai Merah dan Pantai Turetelo di Nias Utara.


Objek wisata tersebut ini layak mendapat predikat 5 destinasi wisata paling eksotis dan layak dikunjungi jika anda ke Sumut.



1. Pantai Talam.


Siapapun yang datang menyebutnya merupakan satu diantara pulau di Indonesia yang memiliki pemandangan indah. Ya indahnya tidak terbantahkan.


Gradasi warna lautnya hijau lumut dan biru cerah dari warna ganggang di dasar laut tidak jauh dari bibir pantai dan langit cerah yang terpantul dari air laut bening di Pulau Talam.


( Baca Juga : Air Terjun Saringgana Sumatra Utara )

Tentu jarang bukan, laut bening memantulkan warna hijaunya yang seperti kaca. Dipadu lagi dengan pasir halus nan putih mempesona bak mutiara di bibir pantai.



2 Blue Spot.



Tidak ketinggalan warna biru di seberang sana, Blue Spot yang membuat wisatawan beruntung tidak melewatkan pulau seindah Pulau Mursala di kepulauan Mursala yang terbilang cukup luas.



3. Pulau Badalu


Pulau Badalu memiliki kerumbu karang yang bahkan tampak dari luar laut. Pengunjung juga bakal dibuat terpikat dengan pemandangan bukit-bukit hijau dan pepohonan lebat di pulau-pulau tersebut.


Yovi Richard, pemandu, menuturkan Pulau Talam, Blue Spot dan Pulau Badalu menjadi destinasi wajib jika mengunjungi kepulauan Mursala.


“Kapal wisata tidak melewati rute pulau-pulau ibi sehingga wisatawan yang ke sini harus menyewa kapal sendiri atau ikut tour trip wisata. Tapi dijamin tidak menyesal, karena pulaunya masih alami dan tidak terjamah tangan manusia. Wisatawan yang datang bisa dibilang masih dalam hitungan jari ke tempat ini dalam setahun,”katanya.


( Baca Juga : Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil

Jika tak ingin ribet, ada jasa trip wisata yang membuka tour kepulauan Mursala yang bisa anda ikuti agar tidak kesulitas mencari homestay atau mengatur jadwal tour agar semua pulau dapat tereksplore. Biasanya trip-trip wisata kepulauan Mursala membuka tour untuk liburan natal dan tahun baru. Dengan biaya sekitar 1,2 hingga 1,7 dengan fasilitas sudah mendapatkan penginapan home stay di pulau Kaban Barat, sewa kapal selama 2 hari, bus dari Medan ke Sibolga, serta makan dan bonus wisata ke pulau-pulau sekitar Kepulauan Mursala.


Atau jika ingin eksclusif pribadi bersama keluarga, teman atau pasangan, anda bisa menyewa kapal Rp 1,5 juta dengan awak kapal dan pengemudi kapal.



4. Pantai Pasir Merah


Pantai Pasir Merah, atau pantai Gawu Sayo sebutan penduduk sekitar, di desa Ombolata, Kecamatan Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara, memiliki keunikan pada warna pasirnya yang berwarna merah seperti warna tanah liat.


Keunikan seperti ini tidak banyak ada di Indonesia, bahkan hanya dapat ditemukan di pulau Komodo dan Lombok.


Pantai Pasir Merah menjadi satu-satunya pantai dengan pasir berwarna merah di pulau Sumatera. Jadi, wisata ke pantai ini saat berada di Sumatera Utara tentu tak bisa dilewatkan.



5. Pantai Tureloto


Pantai Tureloto, Nias Utara, yang terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utarakini menjadi rekomendasi setelah Pulau Asu dan Teluk Dalam yang sudah lama terkenal menjadi destinasi objek wisatawan luar kota dan mancanegara.


Pantai Tureloto kebanyakan dikunjungi penduduk sekitar untuk bermain-main. Padahal keindahannya, layak disetarakan dengan keindahan pantai Bali dan Lombok.


Keindahannya juga terletak pada batu karang raksasa yang berbentuk bundar di bibir pantai.


( Baca Juga : Pesona Keindahan Danau Toba dari Bukit Senyum

Wisatawan kerap mendokumentasikan diri di batu karang tersebut. Batunya keras dan tidak tajam, persis seperti batu raksasa yang berserakan di pinggir pantai, jika dipandang dari jauh.


Batuan karang yang terhampar itu memiliki bentuk unik, ada yang menyerupai bentuk otak manusia sehingga beberapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan Batu Otak.


Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau 80 km dari Bandara Bhinaka. Untuk menuju pantai ini Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Gunung Sitoli atau dari Bandara Binaka Nias dengan menggunakan kendaraan mobil carteran yang ada di bandara.


Jarak tempuhnya sekitar dua jam dari pusat kota dan bandara, di bandara sudah tersedia mobil carteran dengan biaya Rp 600 ribu untuk keliling objek wisata Nias seharian sudah termasuk bensin dan supir, atau mobil lepas kunci Rp 300 ribu.


Bagi wisatawan dari Medan, juga kini lebih mudah karena sudah jalur udara yang terbang dua kali mengantarkan penumpang ke Nias. Atau dari jalur laut melalui Sibolga yang memakan waktu sekitar 8 jam menggunakan kapal nelayan atau 4 jam menggunakan boat dengan biaya sekitar 150 ribu perorang dan bus dari Medan ke Sibolga sekitar Rp 120 ribu.


Di sana tidak angkutan umum yang melewati objek wisata, jadi wisatawan disarankan berangkat rombongan untuk biaya murah mencarter mobil.


Sumber : 5 Destinasi Wisata Sumut Yang Keren dan Patut Kamu Kunjungi. Mirip Bali Lho!
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
5 Destinasi Wisata Sumut Yang Keren dan Patut Kamu Kunjungi. Mirip Bali Lho! 5 Destinasi Wisata Sumut Yang Keren dan Patut Kamu Kunjungi. Mirip Bali Lho! Reviewed by Info Medan Terlengkap on 9:30 PM Rating: 5
Powered by Blogger.