Tahun 2030 Diprediksi 3.000 Pulau di Indonesia Bakal Tenggelam

Tahun 2030 Diprediksi 3.000 Pulau di Indonesia Bakal Tenggelam

Kofi Annan, Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menjelaskan tentang data mengejutkan dalam pidatonya di forum AdAsia 2017.


Dia menyampaikan bahwa sejumlah 3.000 pulau di Indonesia bakal tenggelam karena perubahan iklim pada tahun 2030. Nasib sama juga akan dialami ribuan pulau yang ada di negara lainnya.


“Perubahan iklim akan membawa dampak naiknya permukaan air laut. Tentu saja hal itu mengancam negara-negara kepulauan. Indonesia salah satunya. Jika perubahan iklim tak mendapat pencegahan dan air laut terus naik, diperkirakan 3.000 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2030,” ujar Kofi ketika berpidato dengan tema ‘Created Positive Change’ di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (10/11/2017).


Menurut Kofi yang dapat mencegah iklim berubah makin parah itu yakni sektor usaha salah satunya. Demikian dia menyampaikan di depan 1.500 delegasi yang berasal dari 16 negara dalam forum AdAsia 2017.



Dia memandang perubahan iklim global sangat mungkin diantisipasi melalui sektor bisnis. Kofi menilai kini waktunya pengembangan ekonomi hijau didorong oleh perusahaan. Misalnya dengan menggunakan energi terbarukan.


Dia melanjutkan, beruntungnya negara-negara di dunia sekarang seperti tengah berlomba untuk mengembangkan serta menggunakan energi yang terbarukan.


Tetapi, menurutnya harus ada kontribusi perusahaan berupa dukungan untuk mitigasi perubahan iklim, polusi udara serta masalah global yang lain.


Hal tersebut dikarenakan kesempatan terbuka lebar untuk mengarah pada ekonomi hijau. Namun, belum ada tindakan untuk mengoptimalkan secara penuh.


“Efisiensi dan energi terbarukan bisa diformulasikan oleh perusahaan bekerjasama dengan universitas. Saya mendorong hal itu agar dilakukan sebagai bentuk mitigasi terhadap perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan,” ujarnya, seperti dilansir dari VIVA.co.id.


Kofi memandang tak hanya perubahan iklim saja, namun bisa juga sektor usaha memegang peranan untuk masalah global lain di antaranya pencemaran udara, sanitasi serta air bersih.


Kofi mengungkap polusi udara, buruknya sanitasi dan tidak ada air bersih mengontaminasi kawasan Asia serta wilayah lain di mana terdapat penduduk jutaan orang di sana.


Sumber : Tahun 2030 Diprediksi 3.000 Pulau di Indonesia Bakal Tenggelam
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Tahun 2030 Diprediksi 3.000 Pulau di Indonesia Bakal Tenggelam Tahun 2030 Diprediksi 3.000 Pulau di Indonesia Bakal Tenggelam Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:30 PM Rating: 5
Powered by Blogger.