Akibat Erupsi Sinabung, Siang Berubah Menjadi Gelap

Akibat Erupsi Sinabung, Siang Berubah Menjadi Gelap

Erupsi Gunung Sinabung besar yang terjadi pada, Senin (19/2/2018) membuat sejumlah desa di Tanah Karo menjadi gelap gulita. Salah satunya adalah Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, yang berada tepat di kaki gunung api tersebut.


Berikut ini adalah video penampakan suasana siang berubah menjadi gelap akibat erupsi Gunung Sinabung yang baru kali ini terjadi sejak erupsi terjadi pada tahun 2013 lalu


Sebagaimana diketahui, berdasarkan informasi yang diterima dari Magma Indonesia, tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5000 meter, disertai suara gemuruh dan awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejuah 3500 meter dan ke arah selatan sejauh 4900 meter.




[caption id="attachment_13813" align="aligncenter" width="774"]Gunung Sinabung Meletus Hebat Gunung Sinabung Meletus Hebat[/caption]

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho juga menyampaikan informasi bahwa telah terjadi letusan besar Gunung Sinabung. “Gunung Sinabung meletus besar pagi ini,” tulis Sutopo di akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN


( Baca Juga : Hiii serem, Lereng Gunung Sinabung Seperti Desa Hantu )

Menurut Sutopo, dalam letusan tersebut terdengar suara bergemuruh. Selain itu, awan panas juga menyembur dari kawah gunung dengan jangkauan ke arah timur laut. "Sejauh 3,5-4,9 km dan ke arah selatan sejauh 4.900 m," lanjut Sutopo.


Tingginya semburan abu vulkanik pada letusan kali ini, yakni setinggi 5 kilometer, disebut sebagai letusan yang terdahsyat pada 2018.


Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos pantau Gunung Sinabung, jarak luncur abu vulkanik sektoral Selatan-Tenggara 4.900 meter dan sektoral Tenggara-Timur 3.500 meter.


Selanjutnya awan panas letusan dengan jarak luncur 4.900 meter mengarah ke Selatan. Teramati gugur dengan jarak luncur 1.000-1.500 meter mengarah ke Tenggara dan visual tertutup abu.


( Baca Juga : Gunung Sinabung Meletus Dahsyat, Gempa Bumi Terasa Selama 607 Detik )

Saat erupsi, juga terjadi gempa. Sutopo menerangkan, sejak pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB telah berlangsung 1 kali gempa letusan dengan 607 detik, 1 kali awan panas letusan dengan durasi 607 detik, dan 10 kali awan panas guguran dengan durasi 195-792 detik.


"Kemudian 14 kali gempa guguran, 5 kali gempa hembusan, 1 kali gempa low frekuensi, dan 5 kali gempa vulkanik dalam," uajr Sutopo.


Dia juga menyebutkan, dalam letusan Gunung Sinabung kali ini selain abu vulkanik dan gempa, bebatuan kecil juga meluncur dari perut Sinabung.


"Batuan kecil juga menghujani 5 kecamatan itu. Hujan kerikil kecil juga masih terjadi seperti di Desa Kuta Mbaru dan Kuta Rakyat hingga pukul 10.00 WIB," sebut Sutopo.


Sumber : Akibat Erupsi Sinabung, Siang Berubah Menjadi Gelap
Tag :
Smart Detox Synergy
Home Decoration Ideas
Home Furniture Decoration Ideas
Home Decoration Gallery
Best Home Decoration Interior
Home Interior Ideas
Living Room Gallery
Home Furniture Gallery
Akibat Erupsi Sinabung, Siang Berubah Menjadi Gelap Akibat Erupsi Sinabung, Siang Berubah Menjadi Gelap Reviewed by Info Medan Terlengkap on 7:12 PM Rating: 5
Powered by Blogger.